kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Bantuan Alkes dan APD dari Jack Ma dan Alibaba buat Indonesia siap di bagikan


Sabtu, 28 Maret 2020 / 19:02 WIB
Bantuan Alkes dan APD dari Jack Ma dan Alibaba buat Indonesia siap di bagikan
ILUSTRASI. Suasana kantor Alibaba Group di Hangzhou China pada perayaan hari jomblo 11.11 atau Single Day 11.11 tahun 2019. .foto/KONTAN/Syamsul Azhar

Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Miliuner China Jack Ma menguyurkan bantuan untuk menangani wabah virus corona Covid-19 kepada Indonesia. Bantuan tahap pertama dari Jack Ma Foundation tersebut telah mendarat di Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten para Jumat (28/3) kemarin. 

Bantuan tahap pertama ini berupa perlengkapan medis esensial untuk penanganan wabah virus corona Covid-19 yang didonasikan untuk Indonesia oleh Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation kepada Indonesia. Bantuan wabah virus corona Covid-19 ini selanjutnya siap dibagikan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB).

Pengiriman bantuan dari Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation untuk penanganan wabah virus corona Covid-19 ini merupakan bagian dari donasi perlengkapan medis kepada empat negara di Asia Tenggara meliputi Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Filipina. Pengumuman guyuran bantuan ini dilakukan pada Kamis (19/3) pekan lalu.

Baca Juga: Jack Ma kirim bantuan masker dan tes kit ke Indonesia

Keempat negara tersebut akan menerima sejumlah perlengkapan medis dengan total dua juta masker, 150.000 test kit, 20.000 baju pelindung, dan 20,000 pelindung wajah. Tahapan donasi untuk penanganan wabah virus corona Covid-19 berikutnya direncanakan untuk tiba di Jakarta dalam waktu dekat.
 
Jack Ma Foundation melalui pernyataan tertulis yang diterima KONTAN menyatakan, “Kami berharap donasi ini membantu upaya Indonesia untuk melindungi para petugas medis yang menjadi garda terdepan untuk melayani masyarakat dan meningkatkan skala pengetesan yang lebih luas".

Baca Juga: Anies minta warga Jakarta tak pulang kampung untuk cegah penyebaran corona

Selain itu, Jack Ma Foundation mengajak semua pihak ikut membantu upaya global untuk mengatasi wabah virus corona Covid-19. "Tantangan logistik pengiriman tetap ada, namun kami akan menuntaskannya dan melakukannya sesegera mungkin,” jelas.
 
Jack Ma Foundation juga mengajak semua senantiasa bahu membahu dengan seluruh komponen masyarakat Indonesia, pihak swasta, juga komunitas global dalam melawan pandemi ini. Sebab pengalaman dari berbagai belahan dunia memperlihatkan bahwa pengujian virus yang akurat dan ketersediaan peralatan perlindungan bagi para tenaga medis yang memadai, merupakan hal yang sangat penting sekaligus efektif, dalam mencegah meluasnya penyebaran wabah virus corona Covid-19.

Baca Juga: Cegah penyebaran virus corona di Jawa Tengah, Gubernur Ganjar imbau tidak ada mudik

Bantuan Jack Ma Foundation ini diterima langsung Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut B. Panjaitan mewakili pemerintah Indonesia untuk kemudian didistribusikan oleh Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB). "Kami menyampaikan rasa terima kasih untuk Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation atas upayanya dalam memberikan dukungan bantuan peralatan yang dibutuhkan bagi Indonesia,” ujar Luhut.
 
Donasi ini adalah bagian dari upaya global yang dilakukan oleh Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation untuk mendukung berbagai wilayah di dunia yang terdampak wabah virus corona Covid-19. Dua yayasan ini juga mendapatkan dan mengantarkan berbagai jenis perlengkapan medis ke negara dan wilayah di Asia, Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, dan Afrika.

Baca Juga: China bantu berbagai negara hadapi corona, ada udang di balik batu?
 
Kedua yayasan juga telah merilis pedoman digital bagi para tenaga medis dan fasilitas kesehatan dalam beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia, dan akan diterjemahkan dalam beberapa bahasa lainnya. Pedoman ini memuat pelajaran dan pengalaman penting dari para dokter, tenaga medis dan staf Rumah Sakit Rujukan Utama Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang yang berada di garda terdepan penanganan virus corona Covid-19 dan berperan penting dalam mengurangi penyebarannya di China. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×