kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.016,36   10,57   1.05%
  • EMAS980.000 -0,81%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Perekonomian Kuartal IV-2021 Membaik, BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi 2021 Hingga 4,0%


Kamis, 16 Desember 2021 / 14:42 WIB
Perekonomian Kuartal IV-2021 Membaik, BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi 2021 Hingga 4,0%
ILUSTRASI. Bank Indonesia. REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana


Reporter: Bidara Pink | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) makin optimistis akan prospek perekonomian Indonesia di tahun ini maupun di tahun depan. 

Gubernur BI Perry Warjiyo memperkirakan, keseluruhan pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 berada di kisaran 3,2% yoy hingga 4,0% yoy. Perry mengatakan, progres perbaikan ekonomi domestik makin terlihat, pun pada kuartal IV-2021 ini. 

“Ini sejalan dengan meningkatnya langkah-langkah penanganan yang ditempuh pemerintah dalam pengendalian Covid-19 varian delta,” ujar Perry, Kamis (16/12) via video conference

Baca Juga: Bank Indonesia (BI) Tahan Suku Bunga Acuan di Level 3,5%

Perry bilang, perbaikan pertumbuhan ekonomi ini juga didukung oleh sejumlah indikator hingga Desember 2021 yang menunjukkan pemulihan, sepetri peningkatan mobilitas masyarakat di berbagai daerah, penjualan eceran, keyakinan konsumen, dan espansi kinerja manufaktur. 

Prospek pertumbuhan yang cemerlang kemudian didorong oleh kinerja konsumsi swasta yang ciamik, investasi yang moncer, serta konsumsi pemeirntah yang terus meningkat, di tengah terjaganya kinerja ekspor. 

Pertumbuhan ekonomi juga didukung oleh kinerja lapangan usaha, terutama lapangan usaha industri pengolahan, perdagangan, serta pertambangan. Lebih lanjut, Perry juga mengungkapkan optimismenya akan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi pada tahun 2022. Bank sentral memperkirakan, pertumbuhan ekonomi tahun depan tumbuh di kisaran 4,7% yoy hingga 5,5% yoy. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×