kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,70   -25,03   -2.70%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Badan Geologi harus perbanyak info ancaman bencana


Jumat, 11 November 2016 / 14:56 WIB
Badan Geologi harus perbanyak info ancaman bencana


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan dalam kunjungannya ke Badan Geologi dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) ESDM di Bandung mengingatkan akan pentingnya penyebaran informasi geologi kepada masyarakat. Itu terutama informasi terkait mitigasi bencana geologi, mengingat sekarang sedang sering terjadi bencana alam mulai dari erupsi gunung berapi, tanah longsor, hingga banjir.

Untuk itu Jonan menyebut Badan Geologi perlu melakukan sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan agar eksistensi dan manfaatnya dipahami masyarakat. "(Hal-hal yang menyangkut) keselamatan orang tidak bisa ditunda. Ini sangat penting sekali," tegas Menteri Jonan dalam siaran pers pada Jumat (11/11).

“Kewajiban kita untuk membuat masyarakat lebih aware tentang informasi geologi. Agar informasi bisa dipahami lebih mudah oleh masyarakat, perlu disampaikan dengan gaya yang sederhana, misalnya menggunakan animasi,” tuturnya.

Disamping pengarusutamaan penyebaran informasi, Menteri Jonan juga mendorong peningkatan kualitas, teknologi, cakupan dan pengelolaan hasil penelitian Geologi, termasuk penelitian air tanah. Hal ini dapat dilakukan dengan selalu bersinergi antara Badan Geologi, Badan Litbang dan Direktorat Jenderal di lingkungan Kementerian ESDM.

Menteri Jonan juga menyampaikan beberapa arahan penting lainnya, seperti untuk meningkatkan insentif dan capacity building pengamat gunung api di daerah, penyampaian data dan informasi harian tentang status gunung api, pengelolaan museum dan Geopark, dan koordinasi dengan instansi terkait seperti Pemerintah Daerah (Pemda) serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait mitigasi bencana geologi seperti bencana longsor, gempa bumi dan bencana gunung berapi.

Jonan juga mengingatkan akan pentingnya penyebaran informasi kegeologian. “Dalam kehidupan berbangsa dan berdemokrasi, kekuasaan paling tinggi berada di tangan rakyat. Sosialisasi pada masyarakat adalah penting. Saya ingin Badan Geologi di masyarakat menjadi sama terkenalnya dengan direktorat jenderal di Kementerian ESDM,” tutup Jonan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×