kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Australia Siapkan A$ 57 Juta untuk Atasi Kemiskinan


Senin, 26 Juli 2010 / 19:06 WIB
Australia Siapkan A$ 57 Juta untuk Atasi Kemiskinan


Reporter: Hans Henricus | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Rupanya, program pemerintah mengatasi kemiskinan menarik negara lain untuk ikut terlibat. Salah satunya adalah negeri tetangga Australia.

Negeri Kanguru itu menyatakan komitmennya menyediakan dukungan pendanaan untuk membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan. Komitmen pendanaan itu sebesar $A 57 juta (57 juta dolar Australia) selama lima tahun ke depan. "Australia akan mendukung strategi pembangunan pemerintah Indonesia dalam mengurangi tingkat kemiskinan," ujar Kuasa Usaha pemerintah Australia untuk Indonesia, Paul Robilliard saat peresmian kantor baru Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Senin (26/7).

Selain itu, pemerintah Australia juga menjalin kerjasama dengan TNP2K menyelesaikan pembahasan pembangunan fasilitas pendukung upaya mengurangi kemiskinan. Sayang, Paul enggan menjelaskan fasilitas pendukung seperti apa yang sedang disiapkan bersama TNP2K. Menurutnya, fasilitas ini untuk mendukung TNP2K melakukan analisis, menentukan, dan melaksanakan kebijakan pengurangan kemiskinan dan peningkatan program jaminan sosial.

Fasilitas itu, kata dia, mulai beroperasi awal 2011 hingga empat tahun ke depan. Selanjutnya, Australia juga menggandeng Bank Dunia membuat program capacity building bagi pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya yang bergerak dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Paul menambahkan, pemerintah Australia terus mendorong pemerintah Indonesia supaya tetap menjaga komitmennya meningkatkan pengentasan kemiskinan, khususnya mendukung target pemerintah menurunkan tingkat kemiskinan menjadi 8% pada 2014 nanti. "Kami sangat senang menjadi bagian dari upaya ini," katanya.

Wakil Presiden (Wapres) Boediono menyambut baik dukungan pemerintah Australia bagi upaya Indonesia mengurangi kemiskinan. "Terima kasih, kami sangat menghargai itu semua," ujar Wapres yang juga ketua TNP2K

Wapres menambahkan, dalam waktu dekat akan menggelar sidang tim nasional penanggulangan kemiskinan. Rencananya dalam sidang itu, akan disusun rencana aksi percepatan penanggulangan kemiskinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×