kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45960,42   1,47   0.15%
  • EMAS1.033.000 0,49%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Aturan Vaksin Booster Diperlonggar, Simak Cara Mencari Lokasi Vaksinasi Terdekat


Senin, 31 Januari 2022 / 15:43 WIB
Aturan Vaksin Booster Diperlonggar, Simak Cara Mencari Lokasi Vaksinasi Terdekat
ILUSTRASI. Aturan Vaksin Booster Diperlonggar, Simak Cara Mencari Lokasi Vaksinasi Terdekat


Sumber: covid19.go.id,Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemerintah melonggarkan aturan vaksin booster atau vaksinasi covid-19 dosis ketiga. Kini semua daerah bisa melaksanakan vaksin booster. Simak syarat dan cara mencari lokasi vaksin booster terdekat agar Anda mudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga.

Pemerintah melonggarkan aturan vaksin Covid-19 booster untuk mempercepat pemberian vaksinasi dosis ketiga di masyarakat. Masyarakat perlu mendapatkan vaksin booster untuk menghadapi kasus Covid-19 yang kembali melonjak.

Satgas Covid-19 mencatat, realisasi vaksin Covid-19 per 30 Januari 2022 sebagai berikut

  • Penerima vaksin Covid-19 dosis 1: 184.557.715 orang (bertambah 370.677 dari sehari sebelumnya)
  • Penerima vaksin Covid-19 dosis 2: 128.005.763 orang (bertambah 278.290 dari sehari sebelumnya)
  • Penerima vaksin Covid-19 dosis 3 (booster):  4.204.640 (bertambah 2.817.741 dari sehari sebelumnya)

Merujuk situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), telah terbit Surat Edaran terbaru untuk memperbaharui Ketentuan Pelaksanaan Vaksin Booster yang berlaku sejak 27 Januari 2022. Berdasarkan Surat Edaran No. SR.02.06/II/408/2022, pelaksanaan Vaksinasi Program Dosis Lanjutan (booster) dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota bagi masyarakat umum tanpa menunggu target capaian vaksinasi.

Baca Juga: Kasus Covid-19 30 Januari 2022 Melonjak, Ini Gejala dan Cara Mencegah Omicron

Syarat vaksin booster masih sama, yakni dengan menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK atau melalui aplikasi Peduli Lindungi, berusia 18 tahun ke atas, dan telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

Dosis lanjutan (booster) yang diberikan pada triwulan pertama 2022 adalah orang yang mendapatkan vaksin primer Sinovac akan mendapatkan booster Astrazeneca (1/2 dosis) atau Pfizer (1/2 dosis).

Jika mendapatkan vaksin Primer: Astrazeneca maka booster yang bisa didapat adalah Moderna (1/2 dosis) atau Pfizer (1/2 dosis) atau Astrazeneca (1 dosis). Untuk membantu percepatan vaksinasi COVID-19, dosis 2 vaksin Astrazeneca dapat diberikan 8 minggu setelah vaksin dosis 1.

Dilansir dari Kompas.com, masyarakat bisa mengetahui lokasi vaksin booster Covid-19 terdekat secara online. Cara mengetahui lokasi vaksin Covid booster terdekat ini bisa diakses dari masing-masing domisili warga.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Vaksinasi Booster dari Kemenkes, Catat Agar Tak Bingung!

Pemerintah telah memfasilitasi layanan pencarian lokasi vaksin booster terdekat di seluruh Indonesia untuk memudahkan masyarakat. Bagaimana cara mengetahui lokasi vaksin booster terdekat di Indonesia?

Berikut cara mencari lokasi vaksin booster dan vaksinasi Covid-19 terdekat sebagai berikut:

  • Akses laman covid19.go.id/faskesvaksin
  • Masukkan provinsi dan kabupaten/kota yang diinginkan.
  • Setelah itu, klik “Cari Sekarang”

Nantinya akan muncul daftar fasilitas kesehatan (faskes) terdekat, lengkap dengan status kesiapan vaksiansi.

Sebagai informasi, data lokasi vaksin booster terdekat yang muncul meliputi nama faskes, alamat, status kesiapan vaksinasi, nomor telepon, dan titik lokasi google maps. Untuk mengetahui info lebih lanjut seperti tanggal dan jam operasional, usia vaksinasi, serta keterangan lebih lanjut dapat diklik tombol “Info Selengkapnya” pada masing-masing faskes.

Manfaat vaksin Covid-19 booster

Reisa Broto Asmoro selaku Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru menyatakan masyarakat perlu mendapatkan vaksin Covid-19 booster setelah 6 bulan menjalani vaksinasi dosis kedua.  Vaksin Covid-19 booster diperlukan untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan.

“Berdasarkan hasil studi, terjadi penurunan antibodi enam bulan setelah dosis primer atau lengkap dua dosis penyuntikan, dan satu dosis jika vaksin Janssen, sehingga dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster,” ucap Reisa, dikutip dari situs Covid19.go.id.

Hal tersebut juga didukung oleh hasil kajian dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) melalui surat nomor ITAGI/SR/2/2022 mengenai kajian vaksin Covid-19 dosis lanjutan. ITAGI menganjurkan pemberian booster untuk memperbaiki efektivitas vaksin yang telah menurun.

Jadi, aturan vaksin booster sudah dipermudah. Segera kunjungi lokasi vaksin booster terdekat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga. Ingat, setelah disuntik vaksin booster harus tetap menjalankan protokol kesehatan ya!

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×