kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antisipasi kebakaran hutan, hujan buatan disiapkan di Sumsel jelang Asian Games


Senin, 30 Juli 2018 / 13:42 WIB
Antisipasi kebakaran hutan, hujan buatan disiapkan di Sumsel jelang Asian Games
ILUSTRASI. Kebakaran lahan


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Polri dan TNI menggelar rapat koordinasi pengamanan Asian Games 2018. Di dalam rapat tersebut dinyatakan sejumlah risiko keamanan pada saat penyelenggaraan pesta olah raga itu. Salah satunya adalah kebakaran hutan, khususnya di Sumatera Selatan.

Asap yang berasal dari kebakaran hutan dikhawatirkan mengganggu jalannya pertandingan. Untuk menanggulangi bencana ini, upaya yang disiapkan adalah hujan buatan. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan, pada hari ini sudah datang pesawat yang dilengkapi teknologi modifikasi cuaca.

Pesawat tersebut akan menciptakan hujan buatan di Sumsel untuk memadamkan kebakaran hutan. "Ada siklon di atas Filipina. Kita manfaatkan ekor siklonnya sampai ke Indonesia, disemai supaya hujan di Sumsel," kata Hadi dalam rapat koordinasi pengamanan Asian Games 2018 di Polda Metro Jaya, Senin (30/7).

Tidak hanya itu, imbuh Hadi, upaya pencegahan kebakaran hutan juga dilakukan di darat. Caranya adalah dengan memantau kemungkinan adanya titik-titik api. Hadi mengungkapkan, beberapa alat dipasang di darat untuk memantau tingkat kebasahan gambut. Sinyal akan muncul apabila gambut sudah kering.

"Kemudian akan disiram oleh anggota TNI dan Polri," sebut Hadi. Ia menuturkan, dengan cara-cara tersebut diharapkan asap yang berasal dari kebakaran hutan tidak akan mengganggu penyelenggaraan Asian Games. Upaya tersebut pun akan dilaksanakan secara maksimal. "Sebelum panas, gambutnya sudah disiram," tutur Hadi. (Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Kebakaran Hutan Saat Asian Games, Hujan Buatan Disiapkan di Sumsel"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×