kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.026,34   9,98   0.98%
  • EMAS975.000 -0,51%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Antisipasi ancaman terorisme Koopssus TNI gelar latihan


Selasa, 24 November 2020 / 10:44 WIB
Antisipasi ancaman terorisme Koopssus TNI gelar latihan
ILUSTRASI. Pasukan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI meninggalkan lapangan seusai peresmian pasukan tersebut di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (30/7/2019).


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI menggelar latihan penanggulangan antiteror di Pelabuhan JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (23/11/2020). 

Komandan Koopssus TNI Mayjen Richard TH Tampubolon menuturkan, latihan ini guna menguji kesiapsiagaan pasukan dalam mengantisipasi ancaman terorisme. 

"Ini juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas TNI, menguji kesiapsiagaan Satgultor TNI untuk melaksanakan operasi penanggulangan terorisme dalam rangka menghadapi kemungkinan ancaman terorisme yang akan terjadi dan juga untuk memberi rasa tenang, aman dan nyaman bagi seluruh warga masyarakat," ujar Richard dalam keterangan tertulis, Senin (23/11/2020). 

Richard menuturkan, aksi terorisme merupakan act of war (bentuk perang). Dengan demikian, TNI harus siap melakukan penangkalan, penindakan, hingga pemulihan. 

Baca Juga: Koopssus TNI, gabungan pasukan elite yang dihidupkan lagi

"Aksi terorisme adalah salah satu hideouse crime (kejahatan yang mengerikan), hal ini bisa terjadi setiap saat termasuk pada situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini," kata Richard. 

Richard menambahkan, aksi terorisme tidak hanya menjadi ancaman bagi Indonesia saja. Melainkan juga menjadi ancaman global. 

Menurut dia, aksi terorisme yang selama ini terjadi juga tidak saja menimbulkan korban jiwa, tetapi juga menyebabkan trauma psikologis yang berkepanjangan bagi masyarakat. Tak hanya itu, aksi terorisme juga berdampak negatif terhadap berbagai aspek kehidupan. (Achmad Nasrudin Yahya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Koopssus TNI Gelar Latihan Antisipasi Ancaman Aksi Terorisme"

Selanjutnya: Jokowi bentuk Komando Operasi Khusus (Koopssus) di tubuh TNI

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era Data Analysis with Excel Pivot Table

[X]
×