kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Airlangga Hartarto Sebut Kenaikan Harga Tiket Pesawat Hambat Sektor Pariwisata


Minggu, 07 Agustus 2022 / 14:55 WIB
Airlangga Hartarto Sebut Kenaikan Harga Tiket Pesawat Hambat Sektor Pariwisata
ILUSTRASI. Pajak Pelayanan Jasa Penumpang Bandara Calon penumpang pesawat terbang antri check in di konter pelayanan bandara Soekarno Hatta Tangerang, Senin (18/7/2022). Airlangga Hartarto Sebut Kenaikan Harga Tiket Pesawat Hambat Sektor Pariwisata.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kenaikan harga (inflasi) harga tiket pesawat cukup menekan pertumbuhan ekonomi, terutama di Bali pada kuartal II-2022. 

“Terkait dengan tiket pesawat, banyak (maskapai) yang mengambil (menetapkan harga) di batas atas, sehingga tiket darimana pun relatif lebih mahal dari dua hingga tiga tahun lalu,” tutur Airlangga saat ditemui awak media, Jumat (5/8). 

Menurut Airlangga, salah satu penyebab harga tiket pesawat yang mahal ini adalah keterbatasan maskapai yang terbang, akibat masih belum maksimalnya penerbangan. 

Nah, mengingat Bali merupakan salah satu daerah Indonesia yang mengandalkan sektor turisme, jumlah kunjungan ke Bali bisa dibilang terbatas, sehingga pada kuartal II-2022, Bali masih belum tumbuh kembali ke level pra pandemi Covid-19. 

Meski begitu, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi Bali pada kuartal II-2022 tetap berada di zona positif, yaitu di level 3,94% yoy dengan sumbangan terhadap pertumbuhan ekonomi domestik sebesar 2,73%. 

Ke depan, Airlangga berharap pertumbuhan ekonomi Bali bisa berlangsung membaik. 

Hal ini seiring dengan penanganan Covid-19 di Indonesia yang lebih baik daripada negara-negara lain, sehingga peningkatan mobilitas makin tinggi dan mendorong pertumbuhan ekonomi Pulau Dewata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×