kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ada wabah virus corona, komisi X DPR usul ujian nasional tahun ini dihapus


Senin, 23 Maret 2020 / 15:19 WIB
Ada wabah virus corona, komisi X DPR usul ujian nasional tahun ini dihapus
ILUSTRASI. Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Idi, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Selasa (17/3/2020). Pemerintah Aceh telah mengeluarkan kebijakan meliburkan seluruh sekolah untuk mengantisipasi

Sumber: TribunNews.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi X DPR RI mengusulkan Ujian Nasional (UN) di sekolah pada tahun ini dihapus, seiring wabah virus corona atau covid-19 di tanah air belum reda.

"Menimbang kondisi saat ini yang tidak kondusif, lebih baik (UN) dihapus saja karena kalau diundur pun belum jelas kapan bisa dilaksanakan," ujar Wakil Ketua Komisi X Abdul Fikri Faqih kepada wartawan, Jakarta, Senin (23/3).

Baca Juga: Satu karyawan kantor pusat BCA positif Covid-19, begini kata manajemen

Menurutnya, UN pada saat ini juga bukan untuk menentukan kelulusan siswa-siswi maupun standar masuk perguruan tinggi. "Dengan kondisi seperti ini, cukup dengan ujian sekolah saja. Sekolah juga sekarang libur kok dan kalau untuk pemetaan pun sekarang waktunya tidak pas," ucap politikus PKS itu.

Terkait anggaran yang sudah terlanjut digunakan, kata Fikri, nantinya tinggal dipertanggungjawabkan saja dan sisanya dapat dipergunakan untuk penanganan corona di dunia pendidikan. Ia pun menyebut pimpinan DPR dan Fraksi juga telah mengadakan rapat Bamus pada akhir pekan kemarin dan memunculkan usulan kepada pemerintah, mengajukan perubahan APBN 2020.

Baca Juga: Akibat corona, pendapatan layanan skuter Listrik Lime anjlok

"Untuk sementara bisa self-blocking. Karena UN 2021 juga akan dihapus. Jadi karena wabah corona, saya usul penghapusan dimajukan saja menjadi tahun ini, daripada tidak jelas diundur sampai kapan," papar Fikri.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Wabah Corona Merebak, Komisi X Usul Ujian Nasional Tahun Ini Dihapus"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×