kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45801,69   11,79   1.49%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Ada tes masuk SBMPTN, ITB bisa jadi pilihan karena alumninya banyak yang sukses


Minggu, 05 Juli 2020 / 07:43 WIB
Ada tes masuk SBMPTN, ITB bisa jadi pilihan karena alumninya banyak yang sukses
ILUSTRASI. Penganugerahan Doktor Kehormatan TP Rachmat Founder Triputra Group

Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Para calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) sedang bersaing masuk ke kampus impian mereka. hari ini mereka akan menjalankan tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020.

Ada tiga perguruan tinggi di Jakarta dan Depok yang menjadi Pusat UTBK alias lokasi tes. Yakni, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, dan Universitas Indonesia (UI).

Baca Juga: ITB genap berusia 100 tahun, siapa saja Menteri Jokowi dari ITB?

Nah, sebelum menentukan kampus pilihannya, ada baiknya melihat track record Alumni kampus yang dipilih. Pilih kampus yang memang memiliki jaringan atau relasi yang kuat dalam dunia kerja.

Ambil contoh Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memang banyak menduduki jabatan strategis di BUMN dan juga di perusahaan swasta. Mereka Alumni ITB memiliki ikatan alumni yang sangat kuat dan mengakar.

Mari kenalan dengan para Alumnus ITB yang kini telah menjadi pengusaha tersohor. Dari sektor swasta, ada Arifin Panogoro Founder Medco Energy. Alumni Elektro Teknik Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1973 ini memulai usahanya sebagai kontraktor instalasi listrik door to door.

Selanjutnya, ia memulai proyek pemasangan pipa secara kecil-kecilan. Medco kemudian dikenal saat memulai usaha pengeboran minyak tahun 1981.

Kini operasional Medco dipegang adik kandung Arifin yakni Hilmi Panigoro yang juga jebolan Teknik Geologi ITB tahun 1981.

Kemudian ada Aburizal Bakrie, pengusaha tambang batubara itu merupakan Alumnus Elktro ITB. Ical panggilan akrabnya memiliki kelompok usaha BUMI Resources yang merupakan perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia.

Bakrie juga memiliki perusahaan migas PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) yang menelola Blok Kangean dan Blok Bentu.

Kemudian ada Nurhayati Subakat Founder Wardah Kosmetik yang merupakan Alumni Farmasi ITB. Di bawah bendera PT Paragon Technology and Innovation (PTI) Nurhayati kini menjadi pengusaha kosmetik yang sukses.

Kini opersional Wardah dipegang generasi kedua yakni Salman Subakat yang merupakan lulusan Teknik Elektro ITB.

Lalu Soetjipto Nagaria, dia adalah Lulusan Teknik Kimia ITB tahun 1964. Pendiri dari Summarecon Agung ini sukses mengembangkan properti di Tangerang Selatan dan Kabupaten Bekasi. Bahkan Summarecon kini berkembang ke berbagai daerah di Indonesia.

Dari bidang perkebunan sawit muncul nama Theodore Permadi Rahmat yang merupakan lulusan Teknik Mesin ITB. Dia merupakan pemilik kerajaan bisnis Triputra Grup. Dia juga membidani pendirian Adaro Energy, perusahaan batubara.

Baca Juga: Ada 31 Alumni ITB jadi Direksi di Emiten Grup BUMN, salah satunya Fadjrin 34 tahun

Lepas dari bidang swasta, di perusahaan BUMN saat ini jebolan ITB menguasai direksi di perusahaan emiten BUMN.

Alumni ITB yang memiliki asosiasi dengan nama tenar Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) itu menempati 31 pos direksi di sejumlah emiten saham Grup BUMN. Dari 35 emiten plat merah, 19 perusahaan di antaranya memiliki direksi dari alumni ITB.

Beberapa nama alumni ITB antara lain menjabat direksi di sejumlah bank BUMN. Mereka antara lain Anggoro Eko Cahyo (Bank BNI), Indra Utoyo (Bank BRI), Hirwandi Gafar dan Setiyo Wibowo (BTN), serta Rico Ustavia (Bank Mandiri).

Banyak juga alumni ITB yang menjabat posisi puncak sebagai direktur utama di emiten BUMN. Misalnya, Ririek Adriansyah (Dirut Telkom Tbk), Suko Hartono (Dirut PGN Tbk), Irfan Setiaputra (Dirut Garuda Indonesia Tbk) hingga Dana Amin (Dirut Antam Tbk). 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×