kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,28   13,06   1.31%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Ada Info Hasil Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 23, Ini Cara Cek Lolos


Selasa, 01 Maret 2022 / 12:26 WIB
Ada Info Hasil Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 23, Ini Cara Cek Lolos
ILUSTRASI. Kartu Prakerja 2022 gelombang 23


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Beredar info pengumuman hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 23 sudah dipublikasikan. Benarkah sudah ada pengumuman hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 23? Lalu bagaimana cara cek pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 23?

Status perihal kelulusan Kartu Prakerja Gelombang 23 ramai di media sosial. Salah satu warganet yang "pamer" status kelulusan Prakerja gelombang 23 adalah akun Facebook ini pada Senin (28/2/2022). "Alhamdulillah, daftarin 12 orang, yg lulus 7 orang... Tapi yg lulus, tampilannya seperti ini....Semoga ini pertanda benar² lolos... Aamiin," demikian narasi yang dituliskan.

Pengunggah turut menyertakan tangkapan layar halaman dashboard Prakerja, tepatnya pada bagian "Riwayat Gelombang", yang memuat informasi status pendaftaran. Di sana, tampak status pendaftaran Prakerja gelombang 23 tertulis "Berhasil".

Lantas, apakah pengumuman seleksi Prakerja gelombang 23 sudah diumumkan?

Penjelasan Prakerja

Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem (KKPE) Kartu Prakerja Sumarna Abdurrahman mengatakan, sampai saat ini, pihaknya masih melakukan proses verifikasi. "Seperti diketahui, pembukaan (Prakerja) gelombang 23 sudah dilakukan tanggal 17 Februari lalu, untuk penetapan penerima masih dalam proses," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/3/2022) pagi.

Menurut Sumarna, proses verifikasi tersebut dilakukan secara berlapis, sehingga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sebelumnya, Kartu Prakerja gelombang 23 dibuka dengan menyediakan kuota peserta yang lolos sebanyak 500.000 orang.

Baca Juga: Pengumuman, BLT untuk PKL, Pemilik Warung Kecil & Nelayan Segera Cair Februari 2022

Setelah peserta mendaftar, pihak pengelola Kartu Prakerja akan melakukan seleksi dan proses verifikasi. Verifikasi dilakukan dengan penyaringan nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK).

Dalam hal ini, sistem akan melakukan pencocokan dengan data di Dukcapil. Selanjutnya penyaringan berdasarkan daftar terlarang atau blacklist.

Dalam Permenko Nomor 11 Tahun 2020, disebutkan ada beberapa kategori pekerjaan yang masuk daftar terlarang atau tidak bisa mendaftar, antara lain:

  • Pejabat negara
  • Pimpinan dan anggota DPRD
  • Aparatur Sipil Negara (ASN)
  • Anggota Polri
  • Kepala dan perangkat desa
  • Direksi, komisaris, serta dewan pengawas pada badan usaha milik negara (BUMN) atau badan usaha milik daerah.

Cara cek kelolosan pengumuman Prakerja gelombang 23

Cara cek pengumuman lolos tidaknya Kartu Prakerja gelombang 23 sangatlah mudah. Ada dua cara cek pengumuman lolos tidaknya Kartu Prakerja gelombang 23 yakni:

1. SMS

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk cek pengumuman lolos atau tidak Prakerja gelombang 23 adalah lewat SMS. Manajemen pelaksana Prakerja akan mengirimkan notifikasi melalui SMS kepada peserta yang dinyatakan lolos.

SMS akan dikirimkan ke nomor telepon yang didaftarkan saat membuat akun. Pastikan nomor yang dimasukkan ketika mendaftar telah benar dan masih aktif.

Kemudian, SMS dikirimkan saat tanggal pengumuman seleksi masing-masing gelombang. Jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka dapat mengikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk yang diberikan Akan tetapi, jika belum berhasil lolos, Anda bisa mendaftar pada gelombang selanjutnya.

2. Dashboard Prakerja

Cara kedua untuk cek pengumuman lolos atau tidak Prakerja Gelombang 23 adalah melalui Dashboard Prakerja. Cek dashboard pada laman Prakerja dengan login menggunakan akun masing-masing.

Apabila dinyatakan lolos, nomor Kartu Prakerja akan tertera dan muncul status saldo pada dashboard akun. Sedangkan jika dinyatakan tidak lolos, akan mendapatkan notifikasi pada dashboard dengan keterangan "Kamu Belum Berhasil".

Anda wajib menonton keseluruhan tiga video sampai selesai untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja pada menu dashboard. Ketiga video akan berisi informasi dasar mengenai Kartu Prakerja, dari mengenali tantangan di dunia kerja hingga penjelasan manfaat Kartu Prakerja.

Itulah informasi tentang pengumuman seleksi Kartu Prakerja Gelombang 23. Jadi, silakan menunggu pengumuman resmi hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 23. Semoga Anda lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 23.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ramai Warganet Pamer Kelulusan Prakerja Gelombang 23, Apakah Sudah Pengumuman?",


Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Sari Hardiyanto

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×