kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

4 Jenderal Ini Disebut-Sebut Jadi Kandidat Wakapolri, Ini Kata IPW


Jumat, 23 Juni 2023 / 09:58 WIB
4 Jenderal Ini Disebut-Sebut Jadi Kandidat Wakapolri, Ini Kata IPW
ILUSTRASI. Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono (kedua kiri) akan masuk masa pensiun pada akhir bulan Juni ini.


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah kandidat masuk bursa calon Wakil Kepala Polri (Wakapolri) menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono yang akan masuk masa pensiun.

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menjadi sosok yang turut serta memutuskan siapa pengganti Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Sebab, kata Sugeng, jabatan Wakapolri merupakan jabatan politis, bukan hanya sekadar jabatan karier biasa.

"Keputusan untuk siapa yang jadi Wakapolri ini juga ada di tangan Presiden, selain Kapolri," ujar Sugeng saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (22/6/2023).

Ia lantas menanggapi empat nama yang digadang-gadang akan menggantikan posisi Gatot Eddy sebagai Wakapolri, yakni Komjen Fadil Imran, Komjen Agus Andrianto, Komjen Ahmad Dofiri, dan Komjen Purwadi Arianto.

Menurut dia, empat nama tersebut memiliki peluang yang sama kuat dan sebanding. Selain itu, empat kandidat tersebut dinilainya sangat mumpuni untuk mengisi jabatan Wakapolri.

Namun, posisi Wakapolri disebut akan terpengaruh dengan kedekatan dan kepercayaan Jokowi kepada empat perwira tinggi tersebut. "Ada di tangan presiden. Artinya, tergantung presiden sreg dengan yang mana," kata Sugeng.

Baca Juga: Buat SIM Wajib Sertakan Sertifikat Mengemudi, Ini Penjelasan Korlantas Polri

Diketahui, Wakapolri Gatot Eddy akan memasuki masa pensiunnya di umur 58 tahun pada 28 Juni 2023. Sesuai aturan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri, posisi Wakapolri yang pensiun harus digantikan.

Terkait pengganti Gatot Eddy, Anggota Komisi III DPR Fraksi PDI-P Trimedya Pandjaitan mengaku telah mendengar nama-nama kandidatnya.

"Ada Pak Purwadi, kemudian Pak Fadil, Pak Dofiri, juga nama-nama yang kita dengar Pak Kabareskrim, itu kita dengar," ujar Trimedya saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Meski begitu, Trimedya menyadari bahwa pergantian Wakapolri merupakan kewenangan dari internal Polri.

Namun, ia mengatakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pasti akan berkonsultasi dengan Presiden Jokowi untuk menentukan siapa sosok yang akan menjadi orang nomor dua di Polri.

"Karena kan itu jabatan yang sangat-sangat strategis," kata Trimedya.

Baca Juga: Korlantas: Ujian Praktik Zig-zag dan Angka 8 Bakal Direvisi

Penulis : Miska Ithra Syahirah
Editor : Novianti Setuningsih

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Bocoran 4 Nama Calon Wakapolri, IPW: Tergantung Presiden Sreg Sama yang Mana".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×