kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

182 Calon Investor Tertarik Investasi di IKN, Sektor Apa yang Paling Banyak Dilirik?


Kamis, 20 April 2023 / 07:49 WIB
182 Calon Investor Tertarik Investasi di IKN, Sektor Apa yang Paling Banyak Dilirik?
ILUSTRASI. Sebanyak 182 calon investor menyatakan minatnya berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 182 calon investor menyatakan minatnya berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agung Wicaksono.

“Hingga 10 April 2023, kami mencatat terdapat 182 pengajuan Letter of Intent (LoI) dari para pengusaha yang berasal dari 16 negara asal perusahaan tersebut,” ujarnya di acara Hannover Messe, Jerman, melalui siaran pers, dikutip Rabu (19/4/2023). 

Dia menambahkan, "50 persen calon investor berasal dari Indonesia, dan sebagian besar lainnya dari Singapura, Malaysia, Amerika, Perancis dan China." 

Hal tersebut sebut dia, menunjukkan tingginya minat investor untuk mendukung pembangunan IKN. Sebanyak 22 investor tertarik berinvestasi di bidang teknologi, 21 bidang energi, 15 bidang pendidikan, 15 lainnya untuk membangun infrastruktur perumahan. 

Sisanya melirik investasi di bidang-bidang kesehatan, waste management, gedung perkantoran, dan lainnya. 

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya memaparkan visi jangka panjang pemerintah terkait IKN. 

Baca Juga: Dukung Pengembangan IKN, Agung Podomoro Percepat Proyek di Balikpapan dan Samarinda

Menurut dia, selain mengusung konsep sebagai kota hutan dunia yang cerdas dan keberlanjutan, pemerintah juga berkomitmen melestarikan lebih banyak area hijau di lahan seluas 256.000 hektar. 

Saat ini, pemerintah menargetkan 65 persen pembangunan IKN mempertahankan area hutan tropis dan 35 persen lainnya untuk pembangunan kota cerdas. 

“Kami berharap semakin banyak investor kelas dunia yang dapat memanfaatkan investasi di Nusantara. Fasilitas terbaik akan diberikan untuk kemudahan berbisnis di ibu kota masa depan Indonesia, Nusantara," ujar Jaka. 

Adapun fasilitas kemudahan berusaha bagi investor yang akan diberikan pemerintah berupa tax holiday, keringanan pajak hingga 100 persen bagi investor di bidang infrastruktur dan usaha lainnya, termasuk untuk sektor Wilayah Kawasan Pusat Keuangan. 

Baca Juga: Di Hannover Messe 2023, Indonesia Komitmen Transisi Energi dalam Pembangunan IKN

Kemudian ada juga super tax deduction, bea masuk dan kemudahan untuk impor barang modal, serta bebas bea masuk untuk impor bahan dan barang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "182 Calon Investor Tertarik Investasi di IKN, Sektor Ini Paling Banyak Dilirik"
Penulis : Ade Miranti Karunia
Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×