kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS1.004.000 1,31%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

1,2 Juta Kendaraan Belum Kembali ke Jabotabek hingga 6 Mei


Sabtu, 07 Mei 2022 / 22:49 WIB
1,2 Juta Kendaraan Belum Kembali ke Jabotabek hingga 6 Mei
ILUSTRASI. Foto udara kendaraan pemudik melintas menuju arah Jabodetabek di Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022).


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mencatat ada 1,2 juta kendaraan yang belum kembali ke Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) hingga Jumat (6/5) kemarin.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, angka tersebut merupakan 60% dari total kendaraan yang meninggalkan Jabotabek pada periode H-10 sampai dengan hari-H Lebaran lalu yang sebanyak 2 juta kendaraan.

"Hingga kemarin, kami mencatat baru sekitar 815.000 kendaraan yang kembali ke Jabotabek, yang berarti masih ada sekitar 60% atau 1,2 juta kendaraan yang belum kembali,” kata Heru dalam siaran pers, Sabtu (7/5).

Baca Juga: Ruas Jalan Arteri Padalarang Macet, Polisi Terapkan One Way hingga GT Padalarang

Berkaca dari masih banyaknya pemudik yang belum kembali, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk kembali mengatur perjalanan. Jasa Marga memprediksi, Minggu (8/5) esok masih menjadi puncak arus balik di mana akan ada sekitar 269.000 kendaraan yang kembali ke Jabotabek.

"Sejak kemarin, kami mengimbau masyarakat untuk tidak pulang di puncak arus balik besok. Kami berharap dengan adanya kebijakan perpanjangan libur anak sekolah hingga 12 Mei 2022, maka lalu lintas sebesar 60% yang belum kembali tadi bisa terdistribusi hingga pekan depan," ujar Heru.

Baca Juga: One Way Menuju Jakarta Diperpanjang, Kini dari Simpang Susun Bawen hingga GT Halim

Akan tetapi, jika pemudik tetap memilih pulang besok, pengguna jalan diharapkan dapat bersabar karena jumlah kendaraan yang bergerak menuju Jabotabek akan luar biasa. Sebelumnya, imbauan agar pemudik menunda kepulangan ke Jabotabek telah disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar perjalanan balik tidak menyita waktu para pemudik.

"Jangan lakukan hari ini dan besok (perjalanan), kalau bisa ditunda hari Senin. Sekali lagi ditunda hari Senin atau hari Selasa karena bagi yang kerja, para pekerja ajukan cuti, yang kedua anak-anak kita di Jabodetabek boleh libur," kata Budi saat memantau arus balik Lebaran di Pelabuhan Panjang, Lampung, disiarkan Kompas TV, Sabtu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jasa Marga: 1,2 Juta Kendaraan Belum Kembali ke Jabotabek hingga 6 Mei.
Penulis: Ardito Ramadhan
Editor: Diamanty Meiliana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×