kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 peristiwa nasional paling ditelusuri netizen di Google sepanjang 2018


Sabtu, 05 Januari 2019 / 12:00 WIB
10 peristiwa nasional paling ditelusuri netizen di Google sepanjang 2018


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Serangkaian peristiwa nasional banyak terjadi sepanjang tahun 2018. Google Search sebagai salah satu mesin pencari terpopuler merilis sejumlah peristiwa nasionbal yang paling banyak ditelusuri nitizen Indonesia melalui mesin pencari ini. 

Lantas, peristiwa apa saja yang paling mengundang rasa ingin tahu warganet Indonesia sepanjang 20018 lalu?

Berikut 10 peristiwa paling populer versi Google Trends Years in Search 2018.

10. Gunung Agung Meletus 

Gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, ini menarik perhatian nitizen senusantara. Sejak awal tahun lalu gunung api terbesar di Bali ini mulai memperlihatkan aktivitasnya. 

Pada 2 Juli 2018 lalu Gunung Agung kembali meletus. Berdasarkan catatan BMKG waktu itu, terjadi tiga kali letusan: pukul 06.19 WITA, 06.41 WITA dan 06.55 WITA. 

Erupsi terjadi beberapa kali sehingga terbit peringatan untuk menjauhi lokasi dalam radius 4 Km dari kawah puncak Gunung Agung. Masyarakat yang beraktivitas disekitar area, pendaki, dan para wisatawan diminta terus waspada terkait bencana alam tersebut.

9. Gempa Situbondo 

Masih tentang bencana alam, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo M6,4 yang berpusat 55 Km arah timur laut kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provensi Jawa Timur dengan kedalaman 12 Km ini sempat menjadi treading topic nitizen. 

Gempa yang menguncang sebagian daerah di Jawa Timur pada Oktober tahun lalu ini terasa hingga pulau Bali. Meski tidak berpotensi tsunami, gempa ini telah meluluhlantahkan sejumlah bagunan di Situbondo, serta terdapat tujuh orang luka-luka dan tiga orang meninggal dunia.

8. Pilkada 2018

Pemilihan kepala daerah serentak 2018 mengundang rasa penasaran nitizen dan masuk dalam 10 peristiwa yang paling banyak ditelusuri urutan ke-8. Bisa dimaklumi karena orang bilang Pilkada 2018 serasa Pilpres 2019.

7. Gerhana Bulan

Sepanjang tahun 2018 lalu, telah terjadi dua kali fenomena gerhana bulan total: pada Januari dan pada Juli. Gerhana bulan penuh dapat dilihat dengan mata telanjang di beberapa daerah Nusantara.

Pada bulan Juli, tercatat gerhana bulan total berlangsung sekitar 103 menit dan menjadi waktu gerhana bulan total terpanjang di abad 21.

6. Gempa Lombok 

Sepanjang tahun lalu, gempa bumi menjadi salah satu bencana alam yang paling banyak menguncang Bumi Pertiwi. Yang paling menghebohkan adalah Gempa yang terjadi Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Bagaimana tidak, dalam sebulan terjadi 1973 kali gempa. Masyarakat pun panik dan tidak sedikit yang mengalami traumatis. Bahkan, seluruh wisatawan dalam dan luar negeri dievakuasi dari beberapa pulau di sekitar Lombok.

5. Gunung Merapi Meletus

Kabar ini rupanya cukup banyak dicari oleh nitizen melalui Google. Gunung Merapi kembali meletus pada bulan Juni tahun lalu. Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini mulai memperlihatkan aktivitasnya sejak bulan Mei lalu.

4. Kapal Tenggelam di Danau Toba

Tenggelamnya kapal di Danau Toba, Sumatera Utara, banyak menyita perhatian nitizen. Bahkan kabar ini menduduki posisi lima besar sebagai peristiwa yang paling banyak di telusuri sepanjang tahun lalu. 

Maklum saja, kecelakaan tersebut seolah menjadi peristiwa nasional karena memakan puluhan korban jiwa dan proses evakuasi yang memakan waktu cukup lama.

3. Gempa Tsunami Palu 

Belum jauh dari kabar bencana alam, akhir bulan September kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo M 7,4 disertai gelombang tsunami setinggi tujuh meter. 

Bencana ini viral dan menjadi bencana terbesar nasional sepanjang tahun 2018 karena terdapat ribuan korban meninggal dunia. Traumatis warga membuat sebagian dari mereka meminta di evakuasi dari Palu.

2. Pesawat Lion Air

Pesawat Lion mendadak menjadi treading topic nitizen paling hot sepanjang tahun lalu. Bagaimana tidak, pesawat dengan lambang singa ini mengalami kecelakaan yang menewaskan seluruh awak kabin dan ratusan penumpang. 

Peristiwa ini sontak mengundang banyak perhatian lantaran pesawat tersebut tergolong baru.

1. Bom Surabaya

Oosisi puncak daftar 10 peristiwa nasional paling dicari orang Indonesia di Google Search sepanjang 2018 ditempati peristiwa "bom surabaya". 

Bom Surabaya menyentak perhatian khalayak terutama karena terjadi pada waktu hampir bersamaan di tiga lokasi yang berbeda yaitu di Gereja Santa Maria Tak Bercela, GKI Diponegoro, dan Gereja Pantekosta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×