kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaksa Agung: Semua kami lakukan untuk KPK


Jumat, 15 September 2017 / 07:37 WIB
Jaksa Agung: Semua kami lakukan untuk KPK


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengatakan, selama ini Kejaksaan Agung selalu mendukung kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan perkara.

Apalagi ada koordinasi dan supervisi yang mengikat antara KPK, Kejaksaan Agung, dan Polri. Dukungan juga diberikan dari segi sumber daya manusia untuk jaksa-jaksa penuntutan di KPK.

"Selama ini kejaksaan adalah pendukung utama KPK. Begitu banyak jaksa-jaksa kami kirim ke KPK," ujar Prasetyo di kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (14/9) malam.

Jaksa yang dikirim, kata dia, bukan jaksa sembarangan. Mereka merupakan jaksa terpilih yang mengikuti pendidikan dan punya kinerja baik.

"Semua kami lakukan untuk KPK. Meskipun kami juga perlu jaksa banyak, tetapi karena KPK perlu jaksa, kami kirimkan jaksa ke sana," ucap Prasetyo.

Prasetyo menegaskan bahwa dirinya tak ingin kewenangan KPK dilemahkan. Ia menganggap banyak pihak menyalahartikan pernyataan dia saat rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR RI.

Saat itu, kata Prasetyo, ia hanya menceritakan bagaimana kinerja lembaga pemberantasan korupsi di Malaysia dan Singapura.

Meski kedua negara memiliki aparat penegak hukum khusus untuk memberantas korupsi, kewenangan penuntutan tetap berada pada kejaksaan.

"Tapi tidak berarti bahwa kita mau menuntut supaya penuntutan diserahkan ke kejaksaan," kata Prasetyo.

"Banyak pihak yang memelesetkan pernyataan saya. Ini satu hal yang harusnya tidak terjadi," ucap dia.

Prasetyo mengatakan, jangankan ingin membubarkan, melemahkan KPK saja dirinya tidak mau. KPK, kata dia, masih sangat dibutuhkan di Indonesia. Apalagi praktik korupsi di Indonesia dianggap masih sangat masif.

"Di situ perlunya saling bersinergi. Kalau ada pendapat ke kiri, ke kanan, ke sana kemari, sayang ada pemberitaan seperti itu. Itu justru akan mengadu domba sesama penegak hukum," kata Prasetyo. (Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com, berjudul: Jaksa Agung: Semua Kami Lakukan untuk KPK...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×