kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cerita menarik Jonan saat ditanyai istrinya sesaat sebelum lepas jabatan menteri


Kamis, 24 Oktober 2019 / 04:51 WIB
Cerita menarik Jonan saat ditanyai istrinya sesaat sebelum lepas jabatan menteri


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan punya cerita menarik sesaat sebelum melepas jabatannya. Seperti diketahui, Presiden Jokowi memilih Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Tak masuknya nama Jonan ke Kabinet Indonesia Maju ternyata menjadi perhatian Ratnawati Jonan yang tak lain adalah istri Jonan.

Namun Ratnawati justru bertanya seputar kesiapan Jonan bicara di depan publik saat harus menyerahkan jabatannya. "Istri saya tanya, 'nanti mau ngomong apa udah siap belum?'," ujar Jonan menirukan kata-kata istrinya dalam acara sertijab di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Baca Juga: Prioritas Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM dan pesan pendahulunya Ignasius Jonan

Cerita Jonan itu lantas disambut tawa oleh para pegawai Kementerian ESDM yang hadir. Mantan Direktur Utama PT KAI itu dengan tegas menjawab siap. Namun Ratnawati kata Jonan, tak berhenti bertanya. Ia kembali ditanya soal kesiapannya melepas jabatannya tersebut. "Yang bener...?," ucap Jonan yang kembali menirukan pertanyaan istrinya.

Jonan pun tak banyak kata menjawab pertanyaan istrinya itu. "Iya," jawab Jonan.

Melapaskan jabatan bukanlah hal baru bagi Jonan. Sebelumnya, ia juga sempat melepaskan jabatan Menteri Perhubungan setelah dicopot oleh Presiden Jokowi. Namun Jonan tak lama menjadi pengangguran. Sebab Presiden Jokowi tiba-tiba saja membawanya kembali ke Kabinet Kerja sebagai Menteri ESDM.

Baca Juga: Kementerian ESDM butuh sosok menteri yang tegas dan ramah terhadap investor

Kini Jonan harus melepaskan jabatan, bukan karena dicopot, namun karena terjadinya pergantian kabinet di periode kedua pemerintahan Jokowi. Namanya tak masuk di Kabinet Indonesia Maju. Meski begitu Jonan mengaku senang karena penggantinya, Arifin Tasrif, adalah kawan lamanya. "Selamat ya Pak sudah menggantikan saya. Saya senang digantikan kawan lama. Saya kenal sudah 20 tahun lebih," tuturnya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita Jonan Ditanyai Istrinya Saat Harus Lepas Jabatan Menteri..."
Penulis : Murti Ali Lingga
Editor : Yoga Sukmana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×