: WIB    --   
indikator  I  

Kurator kesulitan temukan aset Berkat Bumi Citra

Kurator kesulitan temukan aset Berkat Bumi Citra

KONTAN.CO.ID - Tim kurator kesulitan mencari aset perusahaan penerbit surat penerbit surat utang jangka menengah atawa medium term notes (MTN) PT Berkat Bumi Citra (BBC).

Hal itu diutarakan salah satu kurator BBC Alamo D. Laiman. Ia mengaku, saat ini belum ada aset fisik milik BBC yang diperolehnya.

Padahal, pihaknya telah berupaya mencari aset secara mandiri melalui lembaga-lembaga pemerintahan seperti Badan Pertanahan Nasional dan Samsat.

Apalagi hingga saat ini pihak BBC belum juga menyerahkan aktiva, pasiva, dan SPT perusahaan. "Dari dokumen itu bisa terlihat keberadaan aset-aset perusahaan," ucapnya Alamo, Rabu (13/9).

Adapun saat ini, aset yang baru dipegang kurator hanyalah 9 rekening BBC dengan total nilainya tidak sampai Rp 100 juta. Jumlah itu dinilai masih jauh dari total tagihan sementara yang masuk yang mencapai Rp 208 miliar.

Sementara, Alamo bilang, sebidang tanah yang berada di Cikande, Jawa Barat seluas 117 hekatare diketahui bukan atas nama BBC. Dengan demikian tidak bisa dieksekusi oleh kurator.

Sebelumnya, Plt Direktur BBC Fernando Tambunan mengatakan, l pihaknya memiliki sejumlah aset yang salah satunya adalah tanah di Cikande tersebut.

Pihaknya pun mengatakan, dokumen-dokumen yang diminta oleh kurator dalam tahap proses penyusunan dan akan diserahkan sesegera mungkin.

Sementara itu menurut Alamo, dokumen perusahaan yang diminta bukan lah dokumen yang baru saja dibuat perusahaan. "Itu adalah dokumen dasar perusahaan yang seharusnya ada sejak perusahaan berdiri 2013 silam," tutupnya.


Reporter Sinar Putri S.Utami
Editor Yudho Winarto

PAILIT

Feedback   ↑ x
Close [X]