kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

JK ingin anak muda tak memilih jadi PNS


Selasa, 05 Desember 2017 / 07:23 WIB
JK ingin anak muda tak memilih jadi PNS


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MALANG. Wakil Presiden Jusuf Kalla ingin anak muda Indonesia inovatif dalam menciptakan peluang usaha baru melalui teknologi informasi atau perusahaan start up seperti di Silicon Valley, Amerika Serikat.

"Kita lihat di Silicon Valley di AS, bagaimana menggabungkan pendidikan, teknologi dengan dunia usaha anak-anak muda yang inovatif," kata Kalla di Gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Senin (4/12).

Kalla pun ingin akan ada kepala daerah yang punya perhatian dan mimpi yang sama untuk membangun "Silicon Valley" baru di Indonesia. Harapannya, hal tersebut akan bisa memajukan Indonesia dari segi teknologi.

"Saya harap pemerintah daerah juga bersama-sama bagaimana membentuk suatu Silicon Valley yang membuat bermacam-macam. Sehingga anak-anak muda yang kreatif dapat bekerja bersama dan nyaman karena semua inovator itu tidak punya jam kerja," kata dia.

Saat ini, anak-anak muda di Tanah Air, "mau, tak mau" harus menciptakan peluang wirausaha baru, khsususnya di bidang teknologi tersebut. Tujuannya, agar selamanya Indonesia tak hanya menjadi "konsumen" perusahaan-perusahaan teknologi asing.

"Itu prinsip yang apabila tidak kita ajarkan kepada mahasiswa kita akan tetap menjadi konsumen," kata Kalla.

Untuk itu, Kalla menegaskan, ia ingin anak-anak muda Indonesia usai lulus kuliah tak berbondong-bondong ikut masuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

"Bagaimana anak muda tidak lagi memilih menjadi PNS. Anak-anak kita yang lulus ini, dia harus bekerja sebagai pengusaha sendiri," ucap Kalla.

"Tapi harus mempunyai ide yang harus dikembangkan bersama-sama. Lihatlah sekali lagi sejarah Bill Gates (Microsoft), Mark Zuckerberg (Facebook) itu," kata dia. (Moh. Nadlir)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Jusuf Kalla Ingin Anak Muda Lebih Inovatif, Tak Memilih Jadi PNS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×