: WIB    --   
indikator  I  

Inilah pesan Mendagri kepada kepala daerah baru

Inilah pesan Mendagri kepada kepala daerah baru

JAKARTA. Pemerintah pada hari ini, Jumat (12/5), akan mengkukuhkan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2017. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengucapkan selamat bertugas kepada para gubernur dan wakil gubernur definitif tersebut.

"Pertama atas nama pemerintah mengucapkan selamat bertugas dan jaga amanah aspirasi masyarakatnya di daerah," kata Tjahjo pada keterangan tertulisnya, Jumat (12/5).

Dia menambahkan, kepala daerah yang resmi dilantik nantinya harus segera melakukan koordinasi dengan jajaran DPRD, Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dan seluruh elemen masyarakat guna menjaga stabilitas daerah.

Selain itu, ia juga berpesan agar para pimpinan daerah ini mampu menggerakkan dan mengorganisir masyarakat untuk memastikan seluruh program strategis baik di tingkat pusat dan provinsi, dan kabupaten/kota dapat terlaksana sesuai jadwal.

"Dengan tetap memperhatikan aspek pemerataan keadilan, pertumbuhan, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Pastikan program infrastruktur sosial dan ekonomi berjalan tepat waktu,  lalu optimalisasi penyerapan aggarannya," tambah dia.

Bukan hanya itu, Tjahjo juga meminta agar gubernur dan wakil gubernur terpilih ini langsung menginventarisir janji-janji kampanyenya. Menurut dia, program tersebut sebaiknya dituangkan dalam APBD perubahan untuk mempercepat realisasinya.

"Kepala daerah ini juga harus mendengarkan, memahami dan menjalankan apa arahan Bapak Presiden pada acara pelantikan nanti,” ujar dia.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan kalau pelantikan telah dijadwalkan dalam tiga tahap sesuai berakhirnya masa jabatan tiap-tiap kepala daerah. Pertama berlangsung 12 Mei, kemudian Juli terakhir Oktober 2017.

Beberapa kepala daerah yang habis masa jabatannya pada Mei dan akan dilantik hari ini antara lain, Gubernur Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, Papua Barat, ditambah Wakil Gubernur Riau yang kosong.

“Selanjutnya pelantikan Gubernur Aceh pada Juli dan DKI Jakarta pada Oktober nanti setelah habis masa jabatan kepala daerah,” kata Tjahjo.


Reporter Ramadhani Prihatini
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

PILKADA

Feedback   ↑ x
Close [X]