kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ESDM pastikan pasokan BBM, listrik aman


Jumat, 30 Juni 2017 / 18:41 WIB
ESDM pastikan pasokan BBM, listrik aman


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk Idul Fitri 2017 menyatakan, pasokan energi dan listrik selama arus balik dijamin aman. Posko ini merupakan bentukan Kementerian ESDM yang bertempat di kantor BPH Migas, dengan Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa (Ifan) bertindak sebagai Penanggung Jawab Posko tersebut.

Bukan hanya memasikan kesiapan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan listrik, Posko Nasional ini juga mengantisipasi kebencanaan geologi. 

"Posko nasional melaporkan, pada tanggal 28 Juni 2017 kondisi stok BBM dan LPG aman dan berjalan normal dengan ketahanan stok antara 21-38 hari. Begitupun dengan pasokan listrik, secara keseluruhan cadangan operasi daya mampu pasokan listrik nasional sebesar 4,5 GW," ujar Ifan dalam keterangan yang diterima KONTAN, Jumat (30/6).

Dalam menjalankan tugas Posko, Ifan dibantu oleh Tim Kementerian ESDM yang terdiri atas Anggota Komite BPH Migas, Kepala Badan Geologi Ego Syahrial, Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Komunikasi Hadi M. Djuraid, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Harya Adityawarman, Sekretaris Ditjen Ketenagalistrikan Agoes Triboesono.

Selain itu, dilibatkan juga Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Sujatmiko. Sementara dalam melaksanakan tugas harian, Direktur BBM Setyorini Tri Hutami bertugas sebagai penanggung jawab harian dan Putu Suardana sebagai pelaksana harian didukung oleh Biro Perencanaan KESDM dan Pusdatin ESDM.

Petugas posko bertugas selama 24 jam mulai 11 Juni hingga 10 Juli 2017 yang terbagi dalam 2 shift setiap harinya. Secara periodik mereka juga melakukan koordinasi dan supervisi melalui video conference ke berbagai lokasi para pemangku kepentingan di seluruh Indonesia.

Ruang besar yang menjadi posko itu berisi layar-layar komputer yang menampilkan berbagai kondisi penyediaan energi di Indonesia. Mulai dari kondisi ketahanan stok bahan bakar, kondisi pasokan listrik pada 23 sistem ketenagalistrikan di Indonesia, hingga pantauan potensi bencana geologi yang terjadi dari ujung barat hingga timur Indonesia. Berdirinya Posko diharapkan dapat meningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya terkait dengan sektor ESDM sejak H-15 hingga H+15 Idul Fitri 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×