NASIONAL
Berita
Tarif tol akan naik 10% di September 2013

TARIF TOL

Tarif tol akan naik 10% di September 2013


Telah dibaca sebanyak 2319 kali
Tarif tol akan naik 10% di September 2013

JAKARTA. Tarif jalan tol akan naik sebesar 10 persen pada September 2013. Kenaikan tarif diberlakukan untuk semua jalan tol, kecuali Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Prof Sedyatmo. Beberapa tarif jalan tol milik PT Jasa Marga yang akan naik adalah tarif Jalan Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Dalam Kota, Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Palimanan-Kanci, Semarang, Surabaya-Gempol, Purwakarta-Bandung-Cileunyi, dan Lingkar Luar Jakarta.

"Kenaikan tarif tol merupakan salah satu opsi untuk mengembalikan dana investasi yang dikeluarkan untuk membangun jalan tol. Jalan tol dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman di Jakarta, Kamis (3/1/2013).

Adityawarman juga mengemukakan, layanan kartu elektronik untuk jalan tol (e-toll card) masih belum banyak diminati pengguna tol. Padahal, e-toll ini bisa mengurangi antrean di gerbang tol cukup signifikan. Sebagai perbandingan, standar pelayanan minimum petugas di pintu tol harus selama delapan detik. Namun dengan e-toll, pelayanan hanya memerlukan waktu satu detik.

Saat ini PT Jasa Marga memiliki 89 gardu tol otomatis yang tersebar di semua jalan tol Jakarta. "Layanan e-toll card dan 39 e-toll pass telah tersebar pada Jalan Tol Cawang-Tomang-Cengkareng, Jakarta-Cikampek, dan Lingkar Luar Jakarta," kata Adityawarman.

Gerbang khusus e-toll pass, yakni gerbang yang dilengkapi alat pemotong saldo yang ada di kartu khusus di dalam mobil, telah diimplementasikan di Gerbang Tol Cililitan.

Menurut Direktur Operasional PT Jasa Marga, Hasanudin, kartu e-toll dan e-pass merupakan upaya untuk mengurangi antrean di pintu gerbang tol. Namun, masih belum banyak yang memanfaatkannya. (ARN / Kompas.com)

Telah dibaca sebanyak 2319 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..