: WIB    —   
indikator  I  

Pence bertemu Jokowi, ini ekspektasi analis

Pence bertemu Jokowi, ini ekspektasi analis

JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence di Istana Merdeka, Jakarta pagi ini pukul 10:00 WIB.

Pertemuan Presiden Jokowi dan Wapres Pence akan membicarakan sejumlah isu penting, khususnya terkait langkah-langkah kedua negara memperkuat kerja sama bilateral.

Indonesia merupakan negara mayoritas muslim pertama yang dikunjungi Pence. Tapi analis memperkirakan, kedatangan Pence tidak akan membahas soal keagamaan, melainkan hubungan perdagangan kedua negara.

"Sejalan dengan mandat politik Presiden Donald Trump, kunjungan Pence akan terkait hubungan komersial antara AS dan Indonesia," kata Meredith Sumpter, Direktur untuk kawasan Asia dari Eurasia Group pada CNBC. 

Kedatangan pence ke Asia menunjukkan AS ingin mendorong perdagangan dengan Asia, meski telah meninggalkan Trans-Pacific Partnership (TPP).

"Wapres Pence tahu benar, AS perlu langkah lebih besar setelah meninggalkan TPP untuk memastikan ekonominya tetap yang terkuat," kata Sumpter.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, kedatangan Mike Pence merupakan simbol peningkatan hubungan bilateral dengan Indonesia. "Selain meningkatkan hubungan bilateral, hubungan AS dengan ASEAN juga dibahas," kata Retno kemarin.

Pence datang ke Jakarta bersama istri Karen Pence dan dua putrinya. Sebelum ke Indonesia, Pence telah mengunjungi Korea Selatan dan Jepang.

Setelah bertemu Presiden Jokowi, rencananya Pence juga akan mengadakan pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.


Reporter Handoyo, Sanny Cicilia
Editor Sanny Cicilia

KUNJUNGAN BILATERAL

Feedback   ↑ x