NASIONAL
Berita
Pemerintah lelang aset eks BPPN dan BLBI mulai Juni hingga Agustus

LELANG ASET NEGARA

Pemerintah lelang aset eks BPPN dan BLBI mulai Juni hingga Agustus


Telah dibaca sebanyak 1737 kali

JAKARTA. Kementerian Keuangan akan melakukan lelang aset negara besar-besaran dari bulan Juni hingga Agustus nanti. Aset yang dilelang antara lain properti Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), dan barang milik pengutang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Hadiyanto mengungkapkan aset eks BPPN yang akan dilelang adalah 137 aset properti. "Lelang aset eks BPPN ini terbuka, diumumkan di koran. Tentu ada uang jaminan," ungkapnya, akhir pekan lalu.

Direktur Lelang DJKN Suryanto menyebut, lelang aset negara hasil restrukturisasi BPPN itu sudah berjalan secara bertahap di seluruh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di mana barang tersebut berada. "Salah satunya hari kamis kemarin di lelang di KPKNL Padang," katanya.

Kasubdit PKN II Direktrorat PKNSI Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Encep Sudarwan mengatakan lelang dimulai 13 Juni sampai 23 Juli, dan berlangsung di 13 KPNKL di seluruh Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Lampung dan lain-lain. Encep menyebut, nilai aset properti yang akan dilelang di bulan Juni ini sebesar Rp 300 miliar. Salah satu aset tersebut adalah apartemen yang terletak di bilangan Casablanca sebanyak 220 unit.

"Hampir semua unit menghadap ke kuburan. Jadi marketability apartemen ini agak susah, dan harga Nilai Jual Objek Pajak tinggi, namun harga market rendah," tuturnya. Adapun, untuk total aset properti eks BPPN sekitar Rp 1,05 triliun.

Selain aset eks BPPN, pemerintah juga akan melelang aset BLBI pada akhir Juni ini. Aset yang akan dilelang yaitu di Pecenongan Jakarta seharga Rp 70 miliar. Selain itu, aset yang berlokasi di Bali yang nilainya Rp 37 miliar. Lalu, aset di Serpong menjadi daftar aset yang akan dilelang dengan banderol Rp 80 miliar.

Encep menambahkan, semua aset yang akan dilelang tersebut milik obligor atas nama Kaharudin Ongko. Sedangkan, unuk aset BLBI lainnya direncanakan akan dilelang pada bulan Juli atau Agustus.

Editor: Dupla KS
Telah dibaca sebanyak 1737 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..