kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Converpak Tetap Menilai Mediatama Telah Meniru Desain Kotak Flip n Flap


Senin, 26 April 2010 / 19:00 WIB


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Tri Adi

JAKARTA. Sengketa memperebutkan desain kotak makanan flip n flap antara dua perusahaan pengemasan makanan (packaging) PT Converpak Indonesia dengan PT Mediatama Perkasa sudah mendekati babak akhir. Dalam sidang lanjutan di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, kedua belah pihak saling mengajukan kesimpulannya.

Converpak selaku penggugat dalam kesimpulan secara tegas tetap menilai Mediatama telah membuat, memakai, menjual, mengimpor, mengekspor, dan mengedarkan desain kemasan makanan model flip and flap miliknya tanpa izin.

Converpak mengklaim selaku pemegang hak eksklusif karena terlebih dulu mengajukan permohonan pendaftaran desain industri kotak makanan Flip n Flap pada 10 Desember 2003 dan mendapatkan sertifikat di bawah No ID0006652 tertanggal 2 Juni 2004.

"Untuk itu kami sudah melakukan pengumuman di media masa pada September 2005 untuk melindungi hasil karya Siman Tanoto sebagai pendesain dan notabene sebagi direktur Converpak," jelas Hilda Mora Siahaan, Selasa,(26/4).

Sementara itu, Mediatama melalui kuasa hukumnya Parluhutan Sitanggang juga secara tegas menolak pernyataan Converpak selaku pemilik hak istimewa desain kotak makanan flip n flap. Pasalnya, menurut Parluhutan, desain kotak makanan model flip n flap telah diungkapkan, diumumkan, digunakan, dan diperdagangkan oleh Microwave Packaging Pte Ltd di Singapursa sejak tahun 2000.

"Kotak makanan milik Converpak dan Microwave memiliki kesamaan yang identik sehingga Converpak bukanlah pendesain orisinal," jelasnya.

Menurutnya, desain kotak makanan flip n flap milik Converpak tidak memiliki kebaruan lagi saat mengajukan permohonan pendaftaran. Mengingat Microwave dan perusahaan lainnya seperti Bakmi Golek sejak 1984, Bakmi GM sejak 1990, dan Pizza Hut sejak 1990 telah menggunakan desain kotak flip n flap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×