Yuk simak siapa saja yang dianjurkan tidak mengkonsumsi durian

Minggu, 10 Februari 2019 | 09:31 WIB   Reporter: kompas.com
Yuk simak siapa saja yang dianjurkan tidak mengkonsumsi durian


DURIAN - JAKARTA. Dr. Dian Permatasari, SpGK mengatakan selain kaya vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk tubuh, durian juga memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang lebih tinggi dibanding buah lain. 

Menurutnya, makanan atau buah yang mengandung kalori tinggi dapat menyebabkan obesitas. Obesitas inilah yang pada akhirnya dapat menjadi faktor risiko penyakit kronis seperti jantung dan diabetes. Untuk itu, ada beberapa orang yang dianjurkan mengonsumsi durian atau diberi batasan saat mengonsumsi durian. 

Pertama, orang yang obesitas. Bagi orang dengan obesitas diharapkan tidak terlalu banyak mengonsumsi durian karena dikhawatirkan justru akan menambah berat badannya. 

"Karena durian memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi, jadi memang hati-hati untuk penderita diabetes dan obesitas," kata Dian kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu (9/2). "Orang yang obesitas jangan lebih lagi untuk kenaikan berat badannya," imbuhnya. 

Kedua, penderita diabetes. Dian memperingatkan, durian sangat tidak disarankan bagi penderita diabetes yang gulanya tidak terkontrol. Ini karena durian justru dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan akhirnya menyebabkan gejala yang tidak diinginkan seperti pusing. 

Ketiga, beberapa orang yang memiliki maag Selain itu, bagi orang yang memiliki riwayat maag lebih baik memakan durian dalam batas wajar. "Beberapa orang yang punya maag mungkin enggak cocok dengan durian karena termasuk makanan bergas. Jadi sebaiknya dikurangi atau dihindari," tutup Dian. 

Sementara untuk kita semua yang tidak termasuk tiga kelompok di atas, selagi makan durian masih dalam tahap wajar dan sesuai porsi, yakni tiga sampai empat biji per hari, Dian berpendapat tidak akan ada masalah yang perlu dikhawatirkan. (Gloria Setyvani Putri)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siapa Saja yang Tidak Boleh Makan Durian?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru