kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiru Kroasia, Sandiaga Uno ingin kembangkan desa wisata di Indonesia


Selasa, 26 Januari 2021 / 20:57 WIB
Tiru Kroasia, Sandiaga Uno ingin kembangkan desa wisata di Indonesia
ILUSTRASI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno (kiri) didampingi Wakil Menteri Angela Tanoesoedibjo. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ingin mengembangkan potensi desa wisata di Indonesia dengan berpatokan pada global. Negara yang menjadi patokan Sandiaga dalam pengembangan desa wisata ke depan ialah Kroasia.

"Kami akan menggunakan benchmark global untuk pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal namun juga memenuhi standar internasional. Salah satu itu yang di Kroasia yang mengandalkan rural tourism," jelas Sandiaga dalam Raker Kemenparekraf bersama Komisi X DPR RI pada Selasa (26/1).

Konsep rural tourism diterapkan pada tahun 2011 di Istria, Kroasia yang mencakup 20 kotamadya. Dimana dengan konsep tersebut Kroasia mampu menghasilkan pendapatan rata-rata lebih dari Rp 1,98 miliar dan nilai tambah sekitar 40,3% atau Rp 798,2 miliar.

Saat ini terdapat 244 desa wisata di Indonesia dengan klasifikasi 54 desa wisata rintisan atau 22,3%. Kemudian 142 desa wisata berkembang atau 58% dan 48 desa wisata maju atau 20%.

Baca Juga: Tahun 2020, realisasi anggaran Kemenparekraf capai 92,56% dari pagu

"Pengembangan desa wisata akan dilakukan bersama kementerian dan lembaga terkait untuk pendampingan 244 desa wisata menjadi desa wisata mandiri yang nantinya akan disertifikasi menjadi desa wisata berkelanjutan," ungkap Sandiaga.

Dalam program pendampingan Sandiaga menyebut, pihaknya akan menerapkan program pengembangan SDM, bimbingan teknologi (Bimtek) pengelolaan desa wisata, pengembangan produk atau travel pattern, dan promosi digital.

Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng Pramestuti menyampaikan, Komisi X menekankan Kemenparekraf untuk menggali dan mengembangkan destinasi potensial di daerah wisata sejarah, wisata religi, wisata pendidikan dan mengembangkan konsep pariwisata berkelanjutan.

Terkait desa wisata, Komisi X menyampaikan pandangan yaitu mendesak Kemenparekraf untuk segera melakukan dan menyelesaikan kajian secara komprehensif mengenai proyeksi pembangunan desa wisata. 

Termasuk di dalamnya kajian mengenai perlunya keseimbangan pengembangan destinasi prioritas, super prioritas, destinasi wisata potensial di daerah dan desa wisata.

Selain itu Agustina menambahkan, Komisi X juga mendorong kemampuan Kemenparekraf untuk meningkatkan koordinasi lintas sektoral dan kolaborasi dengan komunitas serta perguruan tinggi.

"Ketiga, mendukung program pendampingan 244 desa wisata menjadi desa wisata mandiri dan melakukan kajian untuk menambah jumlah desa wisata yang dilakukan pendampingan seperti desa wisata religi makam Presiden Soekarno di Blitar, Presiden Soeharto di Karanganyar dan Presiden Abdurrahman Wahid di Jombang," kata Agustina.

Selanjutnya: Lima destinasi wisata yang menjadi ikon pariwisata Indonesia di panggung dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×