kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiket pesawat lebaran melalui Traveloka naik 400%


Selasa, 29 April 2014 / 16:53 WIB
Tiket pesawat lebaran melalui Traveloka naik 400%
ILUSTRASI. Hasil Jepang VS Kroasia: Kalah adu penalti Jepang tersingkir dari babak 16 besar piala dunia 2022 Qatar. REUTERS/Lee Smith


Sumber: TribunNews.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Idul Fitri atau Lebaran masih sekitar tiga bulan lagi, namun persiapan mudik telah dipersiapkan sejak dini. Pemesanan tiket moda transportasi pun sudah dilakukan, khususnya  yang berencana bepergian jauh selama libur Lebaran 2014.

Berdasarkan data pembelian tiket pesawat dari Traveloka.com, tren pemesanan tiket untuk libur Lebaran sudah dimulai sejak awal tahun 2014. Tren ini juga didukung oleh sejumlah maskapai penerbangan yang memberikan promo khusus, serta diadakannya sejumlah travel fair di kuartal pertama 2014.

Ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanannya sejak dini dan mereka pun seakan “didesak” untuk segera membeli tiket dengan tawaran harga yang menarik.

"Saat ini penjualan tiket pesawat via Traveloka.com untuk periode libur Lebaran 2014 (H-3 hingga H+3 Lebaran) naik sekitar 400% dibandingkan jumlah tiket yang terjual pada periode libur Lebaran tahun lalu," kata Lucas Suryanata, Head of Communications Traveloka.com di Jakarta, Selasa (29/4).

Kota-kota besar di Indonesia memang menjadi tujuan utama para pemudik Lebaran. Jakarta- Surabaya merupakan rute dengan pembelian tiket tertinggi, diikuti oleh Jakarta-Medan, Jakarta- Yogyakarta, Jakarta-Denpasar dan Jakarta-Padang.

Berdasarkan tanggal keberangkatan yang dipilih oleh konsumen Traveloka.com, arus mudik diperkirakan akan mengalami kenaikan mulai 24 Juli 2014 dengan puncak arus mudik pada 26 Juli 2014. "Arus balik sendiri akan dimulai pada 1 Agustus 2014 dengan puncaknya pada 3 Agustus 2014," katanya.

Momen libur panjang saat Lebaran juga dijadikan kesempatan oleh sejumlah orang untuk pergi berlibur ke negara lain. Traveloka.com mencatat perubahan tren tujuan liburan dibandingkan tahun 2013.

Selain Singapura dan Kuala Lumpur yang selalu menjadi tujuan favorit, tahun ini wisatawan Indonesia semakin banyak melirik tujuan lain di Asia Timur.

Penjualan tiket ke Seoul (Korea Selatan) merupakan yang tertinggi ketiga untuk perjalanan internasional selama libur Lebaran 2014, setelah Singapura dan Kuala Lumpur. Selain ketiga kota tersebut, Bangkok juga menjadi tujuan internasional favorit untuk libur Lebaran 2014.

Selama libur Lebaran 2014, pembelian tiket pesawat baik untuk perjalanan domestik maupun
internasional diprediksi akan terus berlanjut hingga sekitar 2 minggu sebelum Lebaran.

"Walaupun  pemesanan tiket pesawat secara dini, pemesanan tiket untuk keberangkatan segera (immediate travel) selama libur Lebaran akan tetap ada namun dengan jumlah yang relatif kecil, mengingat harga tiket yang akan melambung tinggi khususnya pada periode H-3 sampai H+3 Lebaran," katanya.

Traveloka.com merupakan situs pemesanan tiket yang mempunyai misi menjadikan perjalanan lebih mudah dan menarik. Dengan sistem pembayaran yang aman, mekanisme perbandingan harga, call-center yang siap 24-jam, serta harga rendah setiap hari. (Eko Sutriyanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×