Tiga kampung yang jadi tujuan wisata Asian Games

Selasa, 24 Juli 2018 | 23:20 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
Tiga kampung yang jadi tujuan wisata Asian Games

ILUSTRASI. Mewarnai Lingkungan di Sekitar Wisma Atlet Kemayoran


ASIAN GAMES - JAKARTA. Sebagai pekan olahraga bergengsi se-Asia, membuat Asian Games 2018 ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Penyelenggaraannya yang akan segera tiba tepatnya mulai Agustus-September 2018 membuat sejumlah masyarakat berlomba-lomba untuk mengekspresikan semangat menyambut acara tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan oleh beberapa kampung ini yakni menyulap kampung mereka menjadi sebuah destinasi wisata Asian Games 2018. Berikut 5 kampung Asian Games 2018 yang menjadi destinasi wisata baru versi Kontan.co.id:

1. Kampung Tematik, Kemayoran, Jakarta

Kampung Tematik yang sebelumnya adalah Kampung Delta, Serdang dan kampung Kebon Kosong yang berlokasi di sekitar Wisma Atlet Kemayoran disulap menjadi kampung warna warni bertema Asian Games guna menyambut pagelaran acara teesebut.

Tiba di kampung-kampung ini pengunjung akan disuguhkan dengan tampilan cat warna warni di setiap rumah warga.

Tidak hanya itu, di setiap jalan dan tembok pengunjung juga akan disuguhkan dengan gambar mural yang melibatkan maskot-maskot serta beberapa jargon unik yang memiliki makna semangat untuk Indonesia

Selain itu, kampung tematik ini juga telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Sabtu (21/7).

Oleh karena itu, Kampung ini bisa menjadi pilihan para wisatawan untuk mengeksplore dan merasakan gema Asian Games 2018.

2. Kampung Asian Games, Pucangsawit, Solo

Tidak mau kalah, meskipun tidak berlokasi di tempat penyelenggaraan Asian Game 2018 yakni di Jakarta dan Palembang, namun gema Asian Games juga ikut disemarakkan oleh Kampung Asian games di Pudangsawit, Solo.

Tiba di salah satu sudut kampung ini, pengunjung atau warga akan disuguhkan dengan mural wajah tokoh-tokoh di bidang olahraga, terutama tokoh yang pernah mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang Asian Games.

Di kampung ini juga ada mural wajah Lalu Muhammad Zohri atlet pemecah rekor dunia lari 100 meter yang baru-baru ini telah mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional dan menariknya berbeda dengan yang lain mural wajah Zohri digambar dengan konsep komik.

Kampung destinasi wisata Asian Games 2018 ini wajib dikunjungi jika sedang berada di kota Solo.

3. Kampung Lorong Plaju Mari, Palembang

Menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Asian Games membuat kota Palembang dijuluki sebagai kota Asian Games.

Oleh karena itu, jika berkunjung ke Palembang kalian akan disuguhkan dengan sejumlah kawasan hingga kampung yang disulap menjadi destinasi wisata Asian Games.

Salah satunya, kawasan Lorong Plaju Mari, Palembang yang disulap menjadi sebuah kampung Asian Games 2018.

Di sepanjang lorong dan kawasan kampung, pengunjung akan disuguhkan dengan mural wajah olah ragawan dan pernak-pernik Asian Games.

Menariknya, tidak hanya cat untuk menggambar mural, masyarakat kampung tersebut juga memanfaatkan barang-barang bekas yang disulap menjadi properti Asian Games.

Sehingga kampung ini dapat menjadi spot menarik, terutama bagi wisatawan maupun bagi para IGers yang ingin mengabadikan setiap momen di kampung ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru