kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terkait calon Panglima TNI, ini harapan Ketua DPR Puan Maharani


Senin, 20 September 2021 / 13:33 WIB
Terkait calon Panglima TNI, ini harapan Ketua DPR Puan Maharani


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani berharap, Presiden Joko Widodo akan mengirim nama calon panglima TNI yang terbaik bagi organisasi TNI dan rakyat kepada DPR. 

Puan meminta publik sabar menunggu nama calon panglima TNI yang akan dikirimkan presiden kepada DPR. Pemilihan panglima TNI, kata Puan, adalah hak prerogatif presiden. 

“Siapa pun nama calon panglima TNI yang akan dikirim Presiden, DPR berharap dia adalah yang terbaik bagi organisasi TNI dan rakyat, sehingga TNI sebagai alat pertahanan negara bisa melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia,” kata Puan dalam siaran pers, Senin (20/9/2021). 

Menurut Puan, saat ini ada sejumlah tantangan dan kondisi yang memerlukan peran besar TNI, antara lain penanganan Covid-19 dan pengendalian keamanan di Papua. 

Baca Juga: Beredar nama calon panglima TNI meski presiden belum kirimkan surat ke DPR

"Kita berharap panglima ke depan melaksanakan kebijakan pertahanan negara untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut,” kata Puan. 

Politikus PDI-P itu yakin, surat presiden (surpres) terkait calon panglima TNI akan dikirim ke DPR dalam waktu dekat mengingat DPR akan memasuki masa reses pada 7 Oktober 2021 mendatang. 

Sesuai ketentuan undang-undang, menurut dia, DPR akan menyampaikan persetujuan paling lambat 20 hari setelah surpres diterima.  Ia mengatakan, sikap DPR dalam persetujuan calon panglima TNI nantinya akan didasarkan pada kepentingan organisasi TNI dan kepentingan rakyat secara luas. 

"Bukan didasarkan kepentingan politik sempit, karena politik TNI adalah politik negara," kata Puan. 

Baca Juga: Beredar nama calon panglima TNI, bengini tanggapan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid

Sementara itu, pihak Istana juga mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo masih mencari sosok terbaik untuk mengisi pos Panglima TNI menggantikan Hadi. 

Hal itu disampaikan Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini, Senin (13/9/2021). Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Puan Harap Presiden Jokowi Kirim Calon Panglima TNI Terbaik"
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Icha Rastika

Selanjutnya: Jokowi belum sampaikan Surpres fit and proper test calon Panglima TNI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×