kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkom perkuat infrastruktur jaringan untuk KAA


Kamis, 16 April 2015 / 15:57 WIB
Telkom perkuat infrastruktur jaringan untuk KAA


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Perusahaan telekomunikasi plat merah, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menjamin layanan Information, Communication and Technology (ICT) dalam gelaran Konferensi Asia Afrika (KAA). Telkom menyediakan akes internet sebesar 20 Gigabit per detik (Gbps).

Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise & Business Service Telkom menyatakan, sebanyak 10 Gbps untuk operasi, sementara sisanya 10 Gbps untuk back up. "Kami juga telah menyiapkan akses internet melalui Wifi, sekitar 500 access point yang tersebar di seluruh venue di dua kota, Jakarta dan Bandung," kata Awaluddin, Kamis (15/4).

Dia menjelaskan, Wifi yang disediakan salah satunya di titik-titik utama, seperti Gedung Merdeka, Hotel Savoy Homann, Gedung Majestic, dan Hotel Preanger. Kemudian ada dua mobile SNG, 15 mobile combat untuk penguat sinyal Telkomsel serta layanan 4G LTE.

Dalam menyiapkan infrastruktur tersebut, Telkom mengaku butuh waktu dua bulan. Sementara itu, terkait dengan bujet persiapan KAA ini, manajemen Telkom mengaku tidak ada bujet khusus.

"Tidak ada alokasi khusus, semuanya sudah masuk anggaran belanja. Tinggal optimalisasi fiber optik dan access point. Rencananya, akan dioptimalkan 170 ribu access point. Lalu, 50 ribu access point lagi diperluas," tutur Abdus Somad Arief, Direktur Jaringan Telkom.

Sementara itu, untuk aspek keamanan, Telkom mendukung kesiapan fasilitas ICT untuk Paspampres, Badan Intelijen Negara (BIN), TNI Angkatan Darat, Kepolisian, dan Pemkot Bandung. Telkom telah menyiapkan VPN IP hingga 50 Mbps pada masing-masing titik lokasi, Astinet, layanan telepon, dan CCTV untuk memastikan kegiatan peringatan KAA dapat berjalan aman dan lancar.

"Bandara maupun stasiun kereta api di Bandung dan Jakarta juga menjadi fokus layanan ICT Telkom dengan menyediakan lebih dari 200 access point internet dan satu buah instalasi Combat," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×