Sumsel siaga darurat kebakaran hutan dan lahan

Rabu, 21 Februari 2018 | 12:24 WIB Sumber: Antara
Sumsel siaga darurat kebakaran hutan dan lahan

ILUSTRASI. Kebakaran hutan California AS


KEBAKARAN LAHAN - PALEMBANG. Sumatera Selatan ditetapkan sebagai daerah siaga darurat kebakaran hutan dan lahan bersama tiga provinsi lainnya yaitu Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Berdasarkan siaran pers dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggunlangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho yang diterima di Palembang Rabu (21/2), mengatakan daerah siaga darurat kebakaran hutan dan lahan terutama di Sumsel mulai awal Februari hingga Oktober 2018.

Penetapan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan itu berdasarkan pertimbangan dan masukan dari kabupaten serta yang wilayahnya rawan bencana.

Dengan ditetapkannya sebagai daerah siaga darurat bencana maka akses dalam pencegahan kebakaran hutan dan akan lahan lebih mudah.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah mengatakan, pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Sumsel sudah dimulai awal Januari 2018.

Pihaknya antara lain melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan tersebut, selain terus berkoordinasi dengan kabupaten dan kota dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Apalagi daerah rawan kebakaran hutan dan lahan menjadi perhatian utama pihaknya. "Itu penting mengingat daerah ini akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 sehingga kabut asap tidak boleh terjadi seperti pada 2015," kata dia.

Selain itu berdasarkan pengalaman lalu bila kebakaran terutama lahan gambut maka sulit untuk dipadamkan sehingga pencegahan sejak dini diutamakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru