Status masih waspada, pendakian Gunung Merapi saat malam pergantian tahun dilarang

Minggu, 30 Desember 2018 | 15:32 WIB   Reporter: TribunNews
Status masih waspada, pendakian Gunung Merapi saat malam pergantian tahun dilarang

ILUSTRASI. Puncak Gunung Merapi


TAHUN BARU - YOGYAKARTA. Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) meminta masyarakat tidak mendaki Gunung Merapi saat malam pergantian tahun nanti. Koordinator Data dan Informasi Balai TNGM, Susilo Ari Wibowo mengatakan jalur pendakian sudah ditutup sejak 22 Mei 2018 lalu.

Penutupan jalur pendakian tersebut karena penetapan Gunung Merapi menjadi Waspada Level II. "Penutupan sudah sejak 22 Mei 2018, setelah Merapi ditetapkan Waspada Level II oleh BPPTKG, tanggal 21 Mei. Sehari setelahnya langsung kami tutup sampai sekarang," katanya saat dihubungi Tribun Jogja, Minggu (30/12).

Ia menjelaskan sejak ditutup juga tidak ada pendaki yang nekat melakukan pendakian. Meski demikian, ia tetap mengimbau masyarakat untuk tidak mendaki gunung, khususnya untuk menghabiskan malam pergantian tahun.

"Sebaiknya ya jangan naik gunung, saat ini kan statusnya masih Waspada level II. Kalau mau naik gunung ya pilih gunung yang lain saja, Semeru, Sumbing, dan lain-lain," jelasnya. Pihaknya selalu menempatkan petugas di dua jalur pendakian, di jalur Sapuangin dan jalur Selo. (Dewi Agustina)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Status Masih Waspada, Warga Dilarang Mendaki Gunung Merapi Saat Malam Pergantian Tahun"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru