kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani sebut ada obligor/debitor BLBI yang mengaku tak punya utang


Selasa, 21 September 2021 / 14:18 WIB
Sri Mulyani sebut ada obligor/debitor BLBI yang mengaku tak punya utang


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) sudah memanggil 24 obligor atau debitor penerima dana BLBI. 

Namun, dia menuturkan, ada obligor atau debitor yang memenuhi panggilan satgas, tetapi mengaku tidak memiliki utang kepada negara. 

"Ada yang hadir, tapi mereka mengatakan tidak punya utang kepada negara," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Progres Pelaksanaan Tugas Satgas BLBI, Selasa (21/9/2021). 

Sri Mulyani menuturkan, memang ada sebagian pihak yang menampik menerima dana BLBI pada tahun 1998 silam. Padahal, meski bukan obligor, bisa saja pihak-pihak ini merupakan debitor yang meminjam dari bank yang menerima dana BLBI. 

Baca Juga: Mempertanyakan Kinerja Satgas BLBI

Sebagai informasi, obligor adalah pemilik bank yang mendapat dana BLBI untuk membantu bank tidak kolaps saat krisis moneter.

Sementara debitor adalah orang yang meminjam dana di bank yang mendapat dana BLBI. "Ini yang kita tegaskan karena banyak juga yang menyatakan, 'Saya bukan obligor'. 

Tapi mungkin mereka adalah yang meminjam kepada bank, yang banknya kemudian harus di-bailout pemerintah," ucap Sri Mulyani. 

Di sisi lain, ada obligor atau debitor yang kooperatif diajak berdiskusi. Obligor ini mengaku punya utang dan menyusun rencana penyelesaian utang. 

Baca Juga: Pefindo berikan peringkat idA+ untuk Bank Jatim

Selain itu, ada ada pula obligor yang hadir menemui satgas dan mengaku memiliki utang kepada negara. Namun, rencana penyelesaian utang tidak realistis dan akhirnya ditolak tim satgas. 

Lalu, ada obligor yang tidak hadir tapi menyampaikan surat janji untuk penyelesaian. Bahkan ada yang tidak hadir dan tidak berkirim surat apapun. 
"Dalam hal ini, tim akan terus melakukan tindakan-tindakan sesuai dengan landasan hukum yang ada untuk menagih hak negara," pungkas Sri Mulyani.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani Ungkap Berbagai Pernyataan Obligor/Debitor BLBI, Ada yang Ngaku Tak Punya Utang",
Penulis : Fika Nurul Ulya
Editor : Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Selanjutnya: Satgas BLBI Panggil 13 Pengemplang BLBI Mulai Keluarga Bakrie Hingga Thee Nin Kong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×