kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SPBU Pertamina Sumbar terapkan pembayaran cashless


Rabu, 06 Desember 2017 / 22:41 WIB
SPBU Pertamina Sumbar terapkan pembayaran cashless


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina Marketing Operation Region I (MOR I) berkomitmen turut berperan aktif dalam mendorong penggunaan transaksi non tunai (cashless) pada transaksi BBM di SPBU Pertamina seluruh Sumatera Barat. Komitmen tersebut dituangkan melalui kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Bank Indonesia pada Rabu (6/12).

Nota Kesepakatan ditandatangani langsung oleh Retail Fuel Marketing Manager Region I, Agus Taufik Harahap bersama Endy Dwi Tjahjono selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat, serta Nasrul Abit, Wakil Gubernur Sumatera Barat, bertempat di Padang.

Dalam sambutannya, Agus menyampaikan program sinergi antara Pertamina, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Bank Indonesia merupakan upaya mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dilakukan melalui cara percepatan dan perluasan transaksi non-tunai transaksi BBM.

"Dengan nota kesepakatan ini merupakan wujud komitmen Pertamina untuk berperan aktif dalam mendorong transaksi non tunai. Kami menyadari sebagai pelaku bisnis retail dengan outlet yang tersebar diseluruh penjuru negeri, bahwa Pertamina memiliki peran yang cukup besar guna suksesnya program elektronifikasi pembayaran atau Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)," ungkap Agus dalam siaran pers pada Rabu (6/12).

Rencana penerapan transaksi non tunai akan mulai dilaksanakan di seluruh SPBU di Kota Padang pada bulan Januari 2018 dengan menerapkan jalur khusus non tunai kemudian dilanjutkan ke daerah lainnya hingga mencakup seluruh Sumatera Barat. Penerapan program akan dibagi dalam 4 tahap dengan menggunakan evaluasi pada setiap tahapannya.

Masyarakat akan menerima sosialisasi terlebih dahulu mengenai manfaat dan keunggulan transaksi secara non tunai (cashless). Kemudian penerapannya akan dipermudah dengan mendekatkan instrumen cashless melalui banking corner yang melayani kartu debit, kartu kredit, maupun uang elektronik di seluruh SPBU.

"Selain itu, untuk memudahkan konsumen dalam bertransaksi non tunai, Pertamina akan mengadakan kerjasama program menggandeng Bank BUMN yaitu Bank BRI sebagai penyedia jasa perbankan untuk lebih memudahkan penerapannya pada masayarakat. Dengan adanya program transaksi tunai dalam kerjasama ini, transaksi di SPBU akan menjadi lebih praktis dan menguntungkan konsumen," ujar Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×