Soal hapus pajak kendaraan, Demokrat minta PKS jangan beri janji politik kosong

Senin, 26 November 2018 | 13:46 WIB   Reporter: TribunNews
Soal hapus pajak kendaraan, Demokrat minta PKS jangan beri janji politik kosong

ILUSTRASI. Sidang Paripurna DPRD DKI Jakarta


POLITIK - JAKARTA. Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta Santoso sindir janji PKS soal penghapusan pajak kendaraan bermotor bila berhasil memenangkan pemilu 2019. Santoso sebut janji penghapusan pajak kendaraan bermotor hanya omong kosong belaka.

Menurutnya, partai politik jangan mengumbar janji yang tidak bisa direalisasikan. "Parpol jangan memberikan janji politik kosong," kata Santoso saat dihubungi, Senin (26/11).

Anggota fraksi Partai Demokrat itu menjelaskan, janji PKS menghapus pajak kendaraan bermotor merupakan sebuah contoh dari pendidikan politik yang tak sehat. Sebab, pajak yang berasal dari kendaraan adalah salah satu penyumbang terbesar dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Indonesia.

Dia memberi contoh realisasi PAD dari penerimaan pajak DKI per 15 November 2018, di mana kendaraan bermotor mencapai Rp 7,2 triliun. Sedangkan penerimaan pajak bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sebesar Rp 4,695 triliun.

Merujuk dari data tersebut, janji PKS menghapus pajak kendaraan bermotor dapat berimplikasi besar mengurangi PAD DKI lebih dari Rp 10 trilin. Dia pun heran mengapa PKS menebar janji manis seperti itu.

Sebab tiap parpol seharusnya bersikap etis dalam berkampanye untuk tidak berjanji hal yang tidak mungkin di terapkan. "Mana bisa pakai kendaraan nggak bayar pajak. Saya kira parpol musti etis dalam berkampanye jangan menjanjikan hal yang tidak mungkin," ungkap Santoso.

Sebelumnya, PKS menyebut bakal menghapus pajak kendaraan bermotor serta membuat regulasi SIM yang berlaku seumur hidup sebagai upayanya meringankan beban hidup masyarakat yang dinilai makin berat.

Hal itu dipaparkan oleh Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu PKS Al Muzzamil Yusuf yang menyebut penghapusan pajak tersebut akan mengurangi beban pengeluaran masyarakat. "Kebijakan ini akan meringankan beban hidup rakyat. Data-data menunjukkan beban hidup rakyat semakin berat," kata Almuzzamil. (Danang Triatmojo)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Soal Hapus Pajak Kendaraan, Demokrat Minta PKS Jangan Beri Janji Politik Kosong"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru