kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah 21 tahun, Jokowi resmikan jalan tol seksi satu Ciawi-Sukabumi


Sabtu, 01 Desember 2018 / 15:01 WIB
 Setelah 21 tahun, Jokowi resmikan jalan tol seksi satu Ciawi-Sukabumi
ILUSTRASI. Jalan Tol Bocimi


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi (seksi I Ciawi-Cigombong), Sabtu (1/12). Dengan beroperasinya jalak tol ini maka bisa memangkas waktu tempuh dari sekitar 1-2 jam menjadi sekitar 10-15 menit.

Dalam peresmian yang dilakukan di gerbang tol Cigombong, Kabupaten Bogor, Presiden bercerita butuh waktu 21 tahun untuk membangun jalan tol yang memiliki pandangan indah ini.

"Penetapan lelang tol Bogor Ciawi Sukabumi 1997 sudah ditetapkan. Sudah diganti investor berapa kali ngga bisa diitung," ucapnya saat memberi sambutan. Selanjutnya, kata Presiden, pada 2015 pemerintah melakukan negosiasi ulang untuk mengambil alih.

Kemudian, setahun kemudian pembebasan lahan baru bisa dilakukan. "Saya juga tidak tahu kenapa harus memakan waktu 21 tahun untuk membangun ini, apa karena pemandangan alam yang ada disini? Apa itu yang menyebabkan lama? Saya juga tidak tahu," katanya.

Berdasarkan pantauan Kontan.co.id, memang sepanjang perjalanan tol ini, terlihat dua pemandangan gunung nan asri di sisi kiri dan kanan jalan. Maka itu, atas peresmian ini dirinya ungkapkan rasa lega.

"Saya berbahagia sekali pada siang hari ini bisa meresmikan jalan tol Ciawi-Sukabumi ini untuk seksi satu Ciawi-Cigombong," tambah Presiden. Pasalnya, dengan tol ini bisa mengefisien waktu perjalanan dari normal di jalan arteri 5-7 jam dengan hanya 10-15 menit saja.

Pun juga diharapkan dengan tol ini ekonomi di Sukabumi juga bisa berkembang dengan baik. Sekadar tahu saja, jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ini bisa terus bersambung dan diharapkan ke Cianjur-Bandung. Langsung terus ke timur ke Cilacap.

Adapun pengusahaan Tol Ciawi - Sukabumi dengan total panjang 54 Km dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)  PT Trans Jabar Toll yang saham mayoritasnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road.

Nilai investasi sebesar Rp 7,7 trilun yang dipenuhi 30% dari ekuitas perusahaan dan 70% pinjaman dari perbankan. Tol Ciawi - Sukabumi memiliki total panjang 54 Km yang dibagi menjadi empat seksi, antara lain Seksi I Ciawi-Cigombong 15,3 km, Seksi II Cigombong- Cibadak 11,9 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 km, serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km.

Untuk Seksi II Cigombong-Cibadak saat ini dalam tahap pengadaan lahan dengan progres 59% sudah bebas. Konstruksi sudah dimulai dan ditargetkan tampung tahun 2020. Keselurahan Tol Ciawi - Sukabumi ditargetkan rampung tahun 2021.

Nantinya apabila Tol Ciawi - Sukabumi (54 Km) sudah beroperasi penuh maka dapat menjadi jalan alternatif menuju Jawa Barat bagian Selatan terutama bagi angkutan logistik yang selama ini harus berhadapan dengan kemacetan pada ruas jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak.

Tol Ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 4,5-5 jam menjadi sekitar 40 menit.

Semakin lancarnya konektivitas diharapkan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah Sukabumi serta mendukung kawasan wisata di selatan Jawa seperti Pelabuhan Ratu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×