kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Satelit Palapa Nusantara Dua dukung masa depan bisnis media penyiaran


Rabu, 13 Februari 2019 / 18:10 WIB
Satelit Palapa Nusantara Dua dukung masa depan bisnis media penyiaran


Reporter: Lita Febriani | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Indosat Ooredoo menyelenggarakan Business Connect : Media Broadcaster dengan tema akselerasi masa depan bisnis media penyiaran lewat Satelit Palapa Nusantara Dua yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (12/2).

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Intan Abdams Katoppo mengatakan bahwa Satelit Palapa Nusantara Dua akan diluncurkan tahun 2020. “Kami menyediakan Satelit Palapa Nusantara Dua yang akan diluncurkan pada tahun 2020 sebagai pengganti Satelit Palapa D untuk menyediakan layanan media penyiaran di Indonesia," tutur Intan seperti dalam rilis yang diterima Kontan.co.id.

Indosat Ooredoo menargetkan peluncuran Palapa Nusantara Dua selesai pada bulan Mei 2020. Dengan seamless migration process dimana dampak transisi dari Palapa D ke Palapa Nusantara Dua sangat minim dirasakan oleh pelanggan. Satelit ini akan menempati slot orbit yang sama dengan Palapa D yaitu di 113¬O Bujur Timur.

Indosat Ooredoo bersama dengan PT Pintar Nusantara Sejahtera (Pintar) dan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) melalui perusahaan joint venture bernama PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) telah menandatangani kesepakatan kerjasama untuk pembelian satelit dengan produsen satelit asal Tiongkok, China Great Wall Industry Corporation (CGWIC).

Penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dalam acara Asia Pacific Satellite Communications Systems International Conference (APSAT) 2017 di Jakarta.

Indosat Ooredoo mengoperasikan satelit Palapa D yang diluncurkan bulan Agustus 2009 di China dan akan berakhir umurnya pada tahun 2020. Peluncurannya dilakukan oleh teknisi-teknisi terbaik dari Indosat Ooredoo.

Kapasitas transponder dalam Palapa D disewakan kepada operator penyiaran dan telekomunikasi. Layanan satelit penunjang lain termasuk pemakaian untuk layanan TV, link Indosat Ooredoo TV, layanan jaringan privat, akses Internet dan multimedia serta konferensi video.

“Kami yakin satelit ini memiliki peranan vital dalam menyampaikan informasi ke masyarakat lewat lembaga penyiaran dan lebih jauh berguna untuk menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia,” terang Intan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×