kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saat evakuasi jasad suster Gabriela di jurang, anggota TNI-Polri ditembaki KKB


Sabtu, 18 September 2021 / 10:42 WIB
Saat evakuasi jasad suster Gabriela di jurang, anggota TNI-Polri ditembaki KKB
ILUSTRASI. Prajurit TNI memperlihatkan barang bukti senjata laras panjang saat konferensi pers penangkapan anggota Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) di Makodam Cenderawasih, Jayapura, Papua, Rabu (8/9/2021). ANTARA FOTO/Indrayadi TH.


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB menembaki anggota TNI-Polri dari seberang jurang. Penembakan itu saat aparat tengah berupaya mengevakuasi jenazah suster Gabriella Maelani dari jurang sedalam 300 meter di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua. 

"Selama proses evakuasi, personel gabungan TNI-Polri sempat mendapatkan gangguan tembakan dari KKB yang dilakukan dari seberang jurang lokasi jenazah Suster Gabriela ditemukan," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, Jumat (17/9). 

Aparat akhirnya berhasil memukul mundur KKB. "Gangguan ini dapat diatasi oleh personel," ujarnya. 

Tak hanya gangguan dari KKB, anggota TNI-Polri juga terkendala dengan kondisi medan yang berbahaya. 

Menurut Kamal, petugas membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk melakukan pengangkatan jenazah. "Kondisi medan yang terjal dengan kemiringan 90 derajat dan kedalaman 300 meter, membat personel yang bertugas mengalami kesulitan," ujar dia. 

Baca Juga: KKB dan aparat terlibat kontak senjata di Ilaga, ini penjelasan Kapolres Puncak

Jenazah suster Gabriela, 22 tahun, akhirnya berhasil diangkat setelah perjuangan panjang. "Jenazah dapat diangkat dari dasar jurang dan disemayamkan di Koramil Kiwirok," kata Kamal. 

Jasad Suster Gabriela dievakuasi ke Jayapura pada Sabtu (18/9) dengan helikopter milik TNI AU.

Sebelumnya lompat ke jurang 

Suster Gabriela sebelumnya melompat ke dalam jurang ketika KKB menyerang Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (13/9) pagi. 

Suster Gabriela melompat karena KKB telah membakar Puskesmas Kiwirok dan sejumlah fasilitas lain, seperti kantor bank, kantor distrik, hingga sekolah dasar. 

Baca Juga: 2 Anggota TNI gugur dianiaya 20 orang tak dikenal di Papua




TERBARU

[X]
×