kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah melemah, bisnis promotor bisa tertekan


Kamis, 06 September 2018 / 21:19 WIB
Rupiah melemah, bisnis promotor bisa tertekan


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah yang fluktuatif memberikan dampak pada bisnis promotor. Pihak promotor pun berharap nilai tukar dollar AS berada di posisi yang stabil untuk perhitungan pembiayaan.

Nandi Prodjosemedi, CEO Adhitama Live menyebutkan, harga dollar AS sangat mempengaruhi bisnis promotor. Hal tersebut karena uang yang dikeluarkan dalam bentuk dollar AS. Fluktutasi nilai tukar ini membuatnya sulit memperhitungkan kinerja bisnis, apalagi ada tenggat waktu dalam pembayarannya, sehingga harga yang dibayarkan mengikuti kurs dollar yang berlaku.

"Bisa diatasi dengan membuat bank garansi atau deposito, tetapi lebih baik jika membeli sesuai harga yang telah ditetapkan," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (6/9).

Ia menilai, saat ini banyak promotor yang khawatir, khususnya bagi yang sudah melakukan pembayaran down payment (DP). Karenanya ia berharap harga dollar cepat stabil. 

"Dari sisi pengusaha lebih senang dengan kepastian nilainya. Sebab masalahnya, pendapatan dalam bentuk rupiah baik dari sponsor maupun penjualan tiket, jadi perhitungannya berbeda jauh," tuturnya.

Nandi mencontohkan, dengan harga tiket sebesar Rp 1 juta di saat harga dollar Rp 15.000, akan berubah total perhitungannya jika tiba-tiba dollar AS naik lebih tinggi terhadap rupiah. 

Ia juga mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang mengikuti proses bidding untuk tur Phil Collins di Australia pada Januari-Februari nanti. 

Hanya saja, melihat kondisi saat ini ia bilang masih mempertimbangkan kembali. Ia bilang, proses penawaran tersebut dimulai dengan US$ 1 juta. "Dengan kondisi melemahnya rupiah, secara tidak langsung harga tiket meningkat dua kali lipat dan akan berakibat pada pengurangan penonton mencapai 50%, itu kan koefisiennya," tuturnya.

Oleh sebab itu, untuk menyiasati kondisi ini, Nandi mengupayakannya dengan memperbanyak sponsor-sponsor untuk mendorong keberlangsungan acara.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×