Resmikan tol Pandaan-Malang, Jokowi harap dapat sokong pertumbuhan ekonomi

Senin, 13 Mei 2019 | 15:03 WIB   Reporter: Abdul Basith
Resmikan tol Pandaan-Malang, Jokowi harap dapat sokong pertumbuhan ekonomi


JALAN TOL - JAKARTA. Presiden Joko Widodo telah meresmikan jalan tol Pandaan - Malang. Presiden berharap peresmian jalan tol ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah. Apalagi, ia juga meminta agar jalan tol ini digratiskan sampai Lebaran nanti.

Jokowi menyampaikan rencana tersebut kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Jangan sampai bayar dulu, gratiskan dulu sampai Lebaran, sudah dijawab bisa," ujar Jokowi dalam keterangan resmi, Senin (13/5).

Kehadiran tol ini dinilai dapat mempercepat mobilisasi. Adanya jalan tol mampu menurunkan waktu tempuh Pandaan menuju Singosari menjadi 30 menit setelah sebelumnya memakan waktu 60 menit.

Kehadiran jalan tol dengan biaya investasi sebesar Rp 5,97 triliun ini diharapkan juga mampu menggenjot ekonomi. Tol tersebut akan mempercepat arus mobilitas barang, orang, dan atau jasa sehingga dapat membantu perekonomian Kota Malang. "Kita harapkan juga pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik dan meningkat," terang Jokowi.

Salah satu yang terdorong dari pembangunan tol tersebut adalah sektor pariwisata dan pendidikan yang berkembang di Malang. Ditambah lagi Gunung Arjuno, Lawu, Kawi dan Bromo - Semeru serta area persawahan di sekitar jalan tol akan memanjakan pengendara yang melintas.

Tol yang terdiri dari 5 seksi tersebut baru diresmikan 3 seksi. Jokowi bilang seksi 4 dan 5 masih dikerjakan sepanjang 7,86 kilometer (km) dan ditargetkan selesai paling lambat akhir tahun.

Sementara total panjang jalan tol Pandaan - Malang mencapai 38,48 km. Hal itu terdiri dari seksi 1 sepanjang 15,47 km dari Pandaan hingga Purwodadi, seksi 2 sepanjang 8,05 km dari Puwodadi hingga Lawang, dan seksi 3 sepanjang 7,1 km menghubungkan Lawang dan Singosari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru