kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Renault dan Volkswagen akan rakit mobil di Indonesia


Kamis, 31 Januari 2019 / 14:19 WIB
Renault dan Volkswagen akan rakit mobil di Indonesia


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemperin) mengatakan tahun ini ada beberapa produsen otomotif yang akan mulai berinvestasi, salah satunya duet merek Eropa yakni Renault dan Volkswagen.

Keduanya dikabarkan akan melakukan perakitan produk di dalam negeri, namun untuk nilai investasinya belum diketahui.

Menurut Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika, kedua pabrikan asal Eropa itu akan melakukan perakitan di Indonesia menggunakan fasilitas yang sudah ada.

"Ada Renault dan Volkswagen, nanti mereka akan line dulu, jadi memulai dengan merakit tapi mereka akan memakai atau memanfaatkan general assembler yang sudah ada," kata Putu di Tangerang, Rabu (30/1).

Menurut Putu, Indonesia memiliki kapasitas produksi mobil sebesar 2,2 juta unit, namun sampai saat ini, yang terpakai baru 1,2 juta unit produksi.

Artinya ada sisa kelebihan yang bisa dimanfaatkan merek lain untuk memproduksi mobil seperti Volkswagen dan Renault.

Seperti diketahui, Renault yang kini di pegang oleh Nusantara Group melalui Maxindo Renault Indonesia, mengklaim akan lebih agresif dalam memasarkan produk-produknya di Indonesia.

Dengan adanya informasi bahwa akan merakit mobil di Indonesia, bisa jadi hal tersebut bagian dari upaya Renault untuk lebih kompetitif. Tidak hanya merek Eropa, menurut Putu masih ada beberapa merek lain yang sudah siap untuk berinvestasi.

Tapi untuk mereknya apa saja, masih belum bisa diumumkan karena memang mereka tak mau di publikasi, begitu juga soal rencana pembangunan pabrik Hyundai.

"Saya sampaikan memang banyak sekali yang ingin berinvestasi di Indonesia. Selain Eropa, ada merek Asia juga, tapi memang ada yang belum mau terpublikasi, jadi ditunggu saja tanggal mainnya," ucap Putu. (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Renault dan VW Rakit Mobil di Indonesia",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×