kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Program Ekspor Shopee Bantu Pedagang Jepara Tembus Pasar Global


Jumat, 07 Mei 2021 / 19:25 WIB
Program Ekspor Shopee Bantu Pedagang Jepara Tembus Pasar Global
ILUSTRASI. Kontan - Shopee Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform Shopee kian memudahkan pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah atau UMKM dalam negeri untuk mengekspor produknya ke mancanegara. Tidak hanya dengan memberi akses digital, upaya peningkatan kapasitas juga dihadirkan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi.

Hal ini sejalan dengan tujuan Shopee yang berkolaborasi dengan Sekolah Ekspor, asosiasi gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia serta Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (SMESCO) untuk mewujudkan 500.000 eksportir hingga tahun 2030. Program dimulai awal Maret 2021 yang juga didukung Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perdagangan.

Salah satu yang menikmati program ekspor Shopee adalah toko Bilbarkah. UMKM asal Jepara ini masuk dalam kategori fashion muslim dan menjual berbagai macam produk jilbab dan atasan serta bawah muslim.

Toha, Pemilik Bilbarkah mengatakan pihaknya bergabung dengan Program Ekspor Shopee sejak tahun 2020, hingga saat ini toko Bilbarkah telah aktif melakukan ekspor produk ke luar negeri. Bergabungnya toko Bilbarkah dengan program ekspor dari Shopee merupakan upaya untuk menaik kelaskan bisnis yang dimiliki di tengah pandemi.

“Sebagai penjual UMKM, saya merasakan sendiri berapa mudah dan tidak rumit proses untuk melakukan ekspor produk dengan bergabung pada Program EksporShopee. Penjual tidak perlu bersusah payah melakukan promosi karena program di luar negeri yang ditawarkan seperti flash sale dan voucher dapat dengan mudah dimanfaatkan.," kata Toha dalam keterangan resminya.

Toha merasa bergabungnya toko Bilbarkah pada Program Ekspor Shopee telah membantu mengembangkan bisnis terbukti dari adanya peningkatan penjualan daripenjualan produk yang diekspor. Selain itu, tim Shopee juga senantiasa memberikan bimbingan bagi UMKM dalam proses ekspor produk, seperti membantu dan memberikaninformasi jika ada program-program luar negeri yang bisa dimanfaatkan.

"Saya tidak perlu merasa khawatir karena adanya pendampingan dari tim Shopee yang selalu membimbing dan memberikan panduan dalam penjualan produk pada Program Ekspor Shopee, tentunya ini berdampak besar pada bisnis ekspor toko Bilbarkah. Kini, produk Bilbarkah sudah menjangkau pasar internasional dan sudah banyak dibeli masyarakat luar negeri dan saya bangga akan hal itu karena produk penjual UMKM asal Jepara ternyata bisa go global” kata Toha.

Dengan partisipasi toko Bilbarkah dalam Program Ekspor Shopee, Toha mampu mencapai penjualan ekspor hingga hampir 50 pesanan tiap harinya. Baginya ini merupakan pencapaian yang luar biasa, ia tidak menyangka menerima banyak pesanan dan menghasilkan penjualan ekspor yang tinggi di bulan Ramadan. Saat ini, produk fashion muslim dari toko Bilbarkah sudah menembus berbagai negara, mulai dari Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand hingga Vietnam. Mayoritas pasar ekspor dari toko Bilbarkah berasal dari Malaysia dan Singapura.

"Tentunya, saya merasa sangat senang dengan dukungan Shopee bagi penjual UMKM, semoga kedepannya Shopee selalu memberikan inovasi dan program yang tidak kalah menarik untuk dimanfaatkan para pelaku usaha lokal lainnya.”

Kedepannya, Bilbarkah akan terus berkomitmen untuk meningkatkan bisnis melalui penambahan kategori produk-produk baru untuk konsumen di Indonesia dan luar negeri. Melalui toko Bilbarkah, Toha memiliki misi prospek kedepan untuk mengembangkan penjualan produk lebih besar dan luas lagi. Sehingga, kedepannya produk-produk dari Bilbarkah dapat diterima oleh masyarakat lokal maupun oleh masyarakat negara tujuan program ekspor Shopee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×