kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Taiwan akan kunjungi AS bulan ini, kemungkinan membuat China marah


Senin, 01 Juli 2019 / 11:09 WIB
Presiden Taiwan akan kunjungi AS bulan ini, kemungkinan membuat China marah


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TAIPEI. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen akan menghabiskan empat malam di Amerika Serikat pada Juli ini, ketika ia akan mengunjungi sekutu diplomatik Karibia. Hal itu dikemukakan pemerintah Taiwan pada hari Senin,(1/7). Kunjungan Tsai ini diprediksi akan menyulut kemarahan China, yang menganggap pulau itu sebagai provinsi pemberontak.

Mengutip Reuters, China mengatakan, Taiwan yang memerintah sendiri tidak memiliki hak untuk hubungan negara-ke-negara. China menuding Taiwan sebagai masalah yang paling sensitif dan penting dalam hubungan dengan Amerika Serikat (AS). Sebab meski Taiwan dan AS tidak memiliki hubungan formal, tetapi AS merupakan pendukung diplomatik utama dan pemasok senjata ke Taipei.

Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan Miguel Tsao mengatakan, Tsai akan menghabiskan dua malam di Amerika Serikat selama melakukan perjalanannya ke St Vincent dan Grenadines, St Lucia, St Kitts dan Nevis, dan Haiti mulai 11-22 Juli. "Rincian bagian perjalanan ke AS masih sedang diselesaikan," tambahnya.

Kantor Berita Pusat Taiwan mengatakan, Tsai diharapkan transit di New York dan Denver. Terkait rencana itu, sejauh ini, Beijing belum memberikan tanggapan.

Keempat sekutu Karibia berbagi cita-cita yang sama dengan Taiwan, kata Tsao, menambahkan bahwa tema kunjungan adalah "kebebasan, demokrasi dan pemerintahan yang berkelanjutan".

Namun, ia menambahkan bahwa kunjungan ke Haiti, negara termiskin di belahan bumi Barat, akan kurang dari 24 jam karena kerusuhan di sana.

Para pemrotes telah berbulan-bulan gelisah untuk memindahkan Presiden Jovenel Moise, seorang mantan pengusaha yang menjabat pada Februari 2017. Waktu Tsai di Amerika Serikat akan sangat lama, karena biasanya ia menghabiskan malam hanya pada saat transit berhenti. 

Tsai, yang menghadapi pemilihan ulang pada Januari, telah berulang kali menyerukan dukungan internasional untuk membela demokrasi Taiwan dalam menghadapi ancaman China. Dia terakhir pergi ke Amerika Serikat pada bulan Maret, mampir di Hawaii pada akhir tur Pasifik.

Beijing telah secara teratur mengirim pesawat dan kapal militer untuk mengelilingi Taiwan dengan latihan dalam beberapa tahun terakhir. Sementara meningkatkan tekanan internasional pada Taiwan dengan mengurangi beberapa sekutu diplomatik yang tersisa.

Taiwan sekarang memiliki ikatan formal dengan hanya 17 negara, hampir semua negara kecil di Amerika Tengah dan Pasifik.

Kepulauan Solomon akan mengirim delegasi untuk mempelajari bantuan Tiongkok di negara-negara tetangga karena mempertimbangkan peralihan diplomatik ke Beijing, kata pemimpin delegasi pekan lalu.




TERBARU

[X]
×