kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN Sulselbar jamin pasokan listrik selama Ramadan


Rabu, 01 Juni 2016 / 11:47 WIB
PLN Sulselbar jamin pasokan listrik selama Ramadan


Sumber: Antara | Editor: Dikky Setiawan


MAKASSAR. PT PLN Persero Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) menyatakan menjamin ketersediaan listik selama ramadhan hingga Idul Fitri 1437 Hijiriah atau 2016.

"Kami jauh hari telah mempersiapkan khusus pasokan listrik tetap stabil untuk mendukung kenyamanan pelanggan selama Ramadhan," ujar General Manager PLN wilayah Sulselrabar Wasito Adi di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/6).

Menurut dia saat ini sistem kelistrikan di PLN Sulselrabar masih tergolong aman dengan daya mampu kami sebesar 1050 sampai 1100 Mega Watt dengan beban puncak 1015 Mega Watt.

Berdasarkan Analisa data prediskis beban selama ramadhan diperediksi tidak mengalami kenaikan beban signifikan. Diperkirakan selama ramadhan beban puncak antara 990 Mega Watt dan paling tinggi 1015 Mega Watt.

"PLN telah membentuk tim khusus yang siaga 24 jam, membuat Standar Operasi Prosedur atau SOP khusus siaga Ramadhan serta telah dilaksanakan pemeliharan mesin pembangkit," paparnya kepada wartawan di kantornya.

Selain itu kata dia, pihaknya telah melakukan perbaikan jaringan, peremajan pohon untuk meminimalisir potensi terjadinya gangguan serta penyulangan selama ramadhan.

"Sedangkan untuk ketersediaan Genset kita sudah siapkan dititik tertentu terutama di Masjid Raya dan Al Markaz Al Islami untuk stand by karena dianggap pusat ibadah saat ramadhan," ujar dia.

Sementara untuk pengadan trafo mobile, pihaknya juga telah menyiapkan dua-tiga unit untuk antisipasi adanya ganguan listrik selama ramadhan.

Wasito menuturkan untuk beban puncak biasanya terjadi pada pukul 17.00-22.00 WITA dan kemungkinan pemakaian listrik akan bertambah mengingat masjid akan lebih intens melaksanakan ibadah.

"Tentunya kami berupaya melayani dengan maksimal, terutama saat beban puncak ketika berbuka dan salat taraweh. Kami juga menghimbau agar masyarakat lebih hemat energi dengan memadamkan lampu bila tidak terpakai," harapnya.

Untuk jumlah pelanggan PLN di Sulselrabar kata dia, sebanyak 2 juta 350 ribuan. 35 persen adalah pemakaian rumah tangga, selebihnya industri dan lain-lainnya.

Kendati telah dilakukan upaya kesiapan pasokan listrik menghadapi ramadhan dan Idul Fitri, namu kata dia, tidak menutup kemungkinan akan adanya ganguan baik secara teknis maupun non teknis yang tidak bisa diprediksi.

"Kami sudah berupaya namun semua dikembalikan kepada kondisi alam, serta kehendak tuhan yang nanti menentukan, mudah-mudahan semua lancar dan aman," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×