Petani Gunungkidul kaget tiba-tiba muncul lubang di ladang jagungnya

Jumat, 01 Februari 2019 | 16:38 WIB Sumber: Kompas.com
Petani Gunungkidul kaget tiba-tiba muncul lubang di ladang jagungnya


TANAH LONGSOR - YOGYAKARTA. Fenomena tanah ambles terjadi di wilayah Padukuhan Dadapan, Desa Petir, Kecamatan Rongkop, Gunungkidul, Yogyakarta. Tanah yang ambles saat ini diberi garis polisi untuk mengantisipasi meluas dan menyebabkan orang terperosok.

"Lubang ini muncul diketahui kemarin (Kamis 31/1) pagi, saat sampai di sini sudah muncul lubang,"kata pemilik lahan, Sujoko (45) saat berbincang dengan Kompas.com Jumat (1/2).

Menurut dia, tidak ada tanda-tanda akan muncul lubang di tengah ladang yang dipenuhi jagung tersebut. Sebab, tidak ada genangan air di sekitar lokasi, karena biasanya munculnya sinkhole didahului genangan.

"Tidak ada tanda-tanda munculnya lubang ini, siangnya masih ada yang beraktivitas di sini. Kemungkinan munculnya Rabu (30/1) malam pas hujan deras itu,"ucapnya.

Dari pantauan di lokasi, lubang dengan diameter permukaan sekitar 1 meter memiliki kedalaman 5 sampai 6 meter. Di dalam lubang, luasnya membesar berongga dengan lebar kurang lebih 5 meter.

Lokasi lubang berada di tengah-tengah ladang jagung. Di dalam lubang terdapat tumpukan sampah sebagai upaya untuk menutup lubang dan di sekitarnya terdapat garis polisi. "Sementara di lokasi sudah dipasang garis polisi. Kami tidak berani mendekat, takut ambrol karena lapisan tanahnya tipis. Tanaman jagung sudah dibabat,"ucapnya.

Sujoko mengaku menunggu dari pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak desa untuk penanganannya. "Belum tahu mau bagimana, saat ini sementara dibiarkan dulu saja,"ucapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk memantau di lokasi. "Sudah dipasang garis polisi di sana, yang terpenting di lokasi tidak untuk beraktivitas terlebih dahulu,"katanya. "Nanti akan dipasang juga papan peringatan di sana,"ujarnya.

Menurut dia, kemunculan lubang ini merupakan hal biasa, karena karakteristik Gunungkidul yang merupakan pegunungan karst. Banyak cekungan atau celah tanah dan juga terdapat sungai bawah tanah.

"Kalau tanah ambles biasanya di tempat itu sebelumnya memang daerah yang dulu ada cekungan kemudian dalam waktu yang lama tertimbun tanah. Karena adanya hujan dan air menggenang air yang bercampur tanah masuk ke lubang kecil atau disebut ponor. Itu yang mengakibatkan ambles. Itu fenomena yg biasa di kawasan karst," ucapnya.  (Markus Yuwono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sujoko Kaget Tiba-tiba Muncul Lubang di Ladangnya", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru