Peneliti senior LIPI Siti Zuhro menjadi tim penguji calon Wagub DKI

Kamis, 15 November 2018 | 19:37 WIB   Reporter: kompas.com
Peneliti senior LIPI Siti Zuhro menjadi tim penguji calon Wagub DKI

ILUSTRASI. Diskusi Tentang Calong Tunggal Dalam Pilkada Serentak


DKI JAKARTA - JAKARTA. Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Syarif menyebut bahwa peneliti senior Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro ditunjuk sebagai salah satu tim uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) wakil gubernur DKI Jakarta. 

"Profesor Siti Zuhro peneliti senior LIPI. Alasannya pengin mencari calon yang terbaik diantara yang terbaik. Kan harus punya keahlian sendiri untuk seleksi kan," ujar Syarif saat dihubungi, Kamis (15/11). 

Syarif mengungkapkan, Siti dipilih lantaran mempunyai kemampuan untuk bisa menilai siapa yang pantas menjadi wagub DKI Jakarta. "Kalau saya ditempatkan di partai tugasnya akan seleksi secara politik, dan pakar harus diundang dong. Bagaimana kami enggak punya ukuran-ukuran, kalau ahli kan bisa nanti kami masukin (pandangannya)," kata dia. 

Selanjutnya, kata dia, tim yang telah dipilih akan berembuk dan menyusun langkah kerja sama untuk mengadakan fit and proper test ini. "Tahap selanjutnya kan kami mau bertemu dengan PKS, berembuk nanti kami bahas. Empat orang itu saling berkenalan, berembuk, terus menyusun kerangka kerja sama, timeline," tutupnya. 

Penetapan dua kandidat yang bersaing untuk menggantikan mantan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno digelar melalui fit and proper test. Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan, pihaknya dan DPW PKS DKI Jakarta akan membentuk badan untuk melakukan fit and proper test tersebut. 

Gerindra DKI juga telah menunjuk satu orang sebagai tim uji kepatutan dan kelayakan kandidat wakil gubernur DKI Jakarta. "Salah satunya Pak Syarif (Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta)," ujar Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (14/11). (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gerindra: Peneliti LIPI Siti Zuhro Jadi Tim Penguji Cawagub DKI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru