kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Orang Indonesia dilarang masuk ke Malaysia, ada apa?


Rabu, 02 September 2020 / 09:57 WIB
Orang Indonesia dilarang masuk ke Malaysia, ada apa?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Kuala Lumpur. Warga negara Indonesia dilarang masuk ke Malaysia mulai pekan depan. Malaysia beralasan, larangan tersebut untuk mencegah kasus Covid-19 dari negara lain.

Selain Indonesia, Malaysia juga melarang melarang masuknya warga negara dari dua negara lain, yakni India dan Filipina. Kebijakan ini mulai Senin (7/9/2020). Pelarangan berlaku hingga ada kebijakan lebih lanjut.

Larangan masuk ke Malaysia ini akan berlaku untuk pemegang izin tinggal jangka panjang, pelajar, ekspatriat, penduduk tetap, serta anggota keluarga warga Malaysia. Saat ini banyak di antara orang-orang di kategori itu masih diizinkan masuk Malaysia meski ada pembatasan ketat dalam aturan perjalanan.

Baca juga: Eks PM Jepang Shinzo Abe balas ucapan Jokowi dengan bahasa Indonesia, ini katanya

Kebijakan itu diumumkan Menteri Pertahanan Ismail Sabri Yaakob kepada wartawan dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, seperti dikutip dari Bloomberg Selasa (1/9/2020). "Rapat hari ini memutuskan untuk memberlakukan larangan ke warga negara Indonesia, India, dan Filipina untuk masuk ke negara ini," ujarnya.

Lebih lanjut Ismail mengatakan, pemerintah juga akan memantau situasi di negara lain dan tidak menutup kemungkinan larangan yang sama diberlakukan ke negara-negara lain yang mengalami lonjakan kasus. "Kami telah meminta Kementerian Kesehatan untuk membuat perencanaan rinci tentang bagaimana Malaysia harus menghadapi ancaman dan tantangan, mengingat kemungkinan peningkatan kasus pada musim dingin."

"Kami sudah mulai memperketat pengawasan perbatasan dengan tidak mengizinkan orang-orang dari tiga negara itu masuk."

Sebelumnya, semua turis asing telah dilarang masuk sejak Maret. Malaysia melanjutkan langkah-langkah penanganan pandemi hingga akhir tahun, karena virus corona "masih terus menyebar di seluruh dunia," kata PM Malaysia Muhyiddin Yassin pada Jumat (28/8/2020) dikutip dari The Star.

Baca juga: Promo tumbler Tupperware khusus September 2020

Sementara itu Ismail mengatakan, tantangan berikutnya dari kebijakan ini adalah bagaimana mempersiapkan kepulangan warga negara Malaysia dari negara-negara dengan lonjakan kasus virus corona. Ia menerangkan, langkahnya perlu ditinjau lebih lanjut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Kasus Impor Corona, Malaysia Larang WNI Masuk Mulai Minggu Depan",

Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×