kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,69   -8,68   -0.88%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menaker Ida Fauziyah minta BPJS Kesehatan percepat integrasi data kepersetaan JKP


Kamis, 15 April 2021 / 18:41 WIB
Menaker Ida Fauziyah minta BPJS Kesehatan percepat integrasi data kepersetaan JKP
ILUSTRASI. Menaker Ida Fauziyah minta BPJS Kesehatan percepat integrasi data kepersetaan JKP


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, meminta BPJS Kesehatan mempercepat integrasi data kepesertaan untuk program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

“Dalam persiapan pelaksanaan program JKP, dibutuhkan sinergi yang intens antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan. Salah satu yang menjadi fokus adalah integrasi data kepesertaan antara BPJS Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan yang kemudian diintegrasikan dengan SISNAKER," kata Ida dalam keterangan tertulis, Kamis (15/4).

Menurut Ida, integrasi data kepesertaan dari BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan dan Sisnaker dibutuhkan supaya program JKP dapat berjalan optimal dan tepat sasaran.

Program JKP sendiri merupakan salah satu bentuk perlindungan pemerintah bagi pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Manfaat bagi penerima program JKP berupa uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja.

Baca Juga: Perluas kepesertaan JKN, BPJS Kesehatan lakukan sinergi data dengan Kemnaker

Ida menjelaskan, proses integrasi data kepesertaan pekerja yang termasuk dalam program JKP antara BPJS Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan hanya diberi waktu 6 bulan.

Menurutnya, melalui proses integrasi data, terdapat kemungkinan peningkatan dan penurunan jumlah peserta yang masuk ke dalam program JKP. Melihat ini, Ida mengatakan pemerintah terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam persiapan  pelaksanaan JKP ini.

"Kita terus melakukan sinergi dengan BPJS Kesehatan karena penerima program JKP adalah mereka yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” kata Ida.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, mengatakan, pihaknya segera menindaklanjuti sinkronisasi data kepesertaan yang telah disampaikan Menteri Ketenagakerjaan, terutama persiapan pelaksanaan program JKP. 

"Dengan senang hati nanti kita bentuk tim untuk lebih teknis, untuk bisa menyelesaikan beberapa hal, termasuk kepesertaan program JKP" kata Ali.

Baca Juga: Bidik semua lapisan masyarakat, Kredit digital JULO beri limit hingga 15 Juta

Ali mengemukakan, selama ini  program JKN-KIS belum sepenuhnya berjalan sebagaimana mestinya, terutama masih sering ditemui ketidakpatuhan dari badan usaha atau pemberi kerja dalam memberikan jaminan kesehatan bagi pekerjanya.

Adapun, ketidakapatuhan dari badan usaha antara lain dalam hal ketidakpatuhan pendaftaran dan ketidakpatuhan penerimaan piutang. Ketidakpatuhan itu berdampak pada produktivitas dan produksi badan usaha, dan akhirnya berdampak pada JKN-KIS.

Selanjutnya: Simak empat tuntutan dari demo buruh yang berlangsung hari ini (12/4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×