Manfaatkan Asian Games, Kemprin fasilitasi 26 IKM untuk promosikan produk

Senin, 20 Agustus 2018 | 20:22 WIB   Reporter: Aulia Fitri Herdiana
Manfaatkan Asian Games, Kemprin fasilitasi 26 IKM untuk promosikan produk

ILUSTRASI. Produk sepatu Brodo Footwear untuk cenderamata Asian Games 2018


ASIAN GAMES 2018 - JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemprin) mendorong industri kecil dan menengah (IKM) dalam negeri untuk turut serta memeriahkan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Sebanyak 26 IKM dari Palembang berpartisipasi pada ajang Sumatera Selatan Expo 2018 yang digelar selama 16-25 Agustus 2018 di Kompleks Jakabaring, Palembang.

“Selain meramaikan Asian Games 2018, pameran tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Sumatera Selatan,” ucap Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih, Senin (20/8).

IKM yang terlibat tersebut merupakan binaan Ditjen IKM Kemenperin dan Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan. Sejumlah produk IKM yang dipamerkan antara lain komoditas sandang, furnitur, kerajinan, dan pangan. 

Mereka di antaranya adalah Ratna Artshop, Arar Jewellery, Gammara, Khyang Leather, Makmur Jaya, Nazira, Galeri Wong Kito, Talang Kedondong, Rumah Busana Tria, Asyifa Songket Warna Alam, Akumindo, Al-Tisyah, Celia Carpet, Iwapi, UKM Nusantara, Ghazira Galery, dan ZKPD.

Gati menambahkan Pameran Sumsel Expo 2018 tersebut melibatkan 560 stand yang terdiri dari perusahaan, instansi pemerintah, maupun IKM. "Pada penyelenggaraan tahun ini, pihak penyelenggara menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 8000 pengunjung setiap harinya dan nilai transaksi yang sebesar Rp10 miliar,” ucapnya kemudian.

Gati juga menjelaskan, pihaknya memfasilitasi IKM untuk promosi di Palembang karena lokasinya lebih potensial dalam menjual produknya ke para wisatawan dan peserta Asian Games. Ia pun meyakini ajang olahraga empat tahunan ini akan membuka peluang bisnis bagi pelaku IKM nasional, termasuk untuk memperluas pasar eskpor.

“Maka itu, kami minta agar masing-masing IKM di daerah untuk membuat produk berkualitas tinggi sesuai dengan budaya khas, khususnya daerah Palembang dan Jakarta sebagai lokasi penyelenggaraan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru